Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggal Ziarah, Rumah Habis Terbakar

Kompas.com - 23/05/2011, 16:30 WIB

KENDAL, KOMPAS.com — Ditinggal ziarah pemiliknya ke Banten, Jawa Barat, rumah di Desa Wonosari RT 1 RW II Kecamatan Pegandon, Kendal, Jawa Tengah, ludes terbakar, Senin (23/5/2011).

Meskipun tidak ada korban jiwa, rumah kayu yang baru dibangun itu tinggal bagian depannya saja. Tidak cuma itu, hampir seluruh isi rumah milik Sodikin (37) itu habis dilalap si jago merah.

Kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Api tidak sampai merambat ke rumah sebelah karena penduduk cepat bertindak dan pemadam kebakaran tak lama kemudian datang ke lokasi kejadian setelah mendapat laporan.

Menurut saksi mata, Kumaidi (25), warga Desa Puguh, Pegandon, Kendal, sebelum kebakaran, dirinya sempat mendatangi rumah tersebut.

Namun, dirinya hanya mengambil jagung yang ada di dalam rumah untuk dijemur. "Selama Pak Sodikin pergi ke Banten, yang menjemur jagung adalah saya," kata Kumaidi.

Setelah menjemur jagung, kata Kumaidi, dirinya lalu pulang. Namun, ia dikejutkan dengan teriakan orang-orang yang melihat adanya api di rumah Sodikin. "Jarak rumah saya dengan rumah Pak Sodikin hanya sekitar 300 meter," ujarnya.

Terkait dengan hal itu, Kepala Desa Wonosari, Pegandon, AM Slamet (50) mengatakan, dari beberapa orang yang melihat peristiwa itu, api berasal dari belakang rumah. Lalu, api  menjalar ke beberapa tempat lain.

"Sebagian ruangan rumah milik Sodikin digunakan untuk menyimpan pupuk, jagung, dan gabah. Sebagian besar barang-barang itu habis terbakar," kata Slamet.

Ia menambahkan, Sodikin pergi berziarah ke Jawa Barat bersama istri dan seorang anaknya sejak Sabtu pekan lalu. Dirinya tidak tahu, kapan pemilik rumah naas itu akan pulang. Saat ini, pihak kepolisian, masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com