Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan, 87.700 Pohon Ganja Aceh Disita

Kompas.com - 19/02/2011, 23:04 WIB

ACEH, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Aceh menyita 87.700 batang ganja dari beberapa ladang ganja di pegunungan di Aceh. Itu baru hasil operasi dalam sepekan. Diperkirakan masih banyak ladang ganja yang belum diketahui.

Komisaris Imet Khairuddin, Kepala Satgas Tindak Direktorat Narkoba Polda Aceh, menjelaskan, operasi digelar sejak 7 Februari hingga 13 Februari 2011. Puluhan ribu batang ganja itu tertanam di atas lahan seluas 31 hektare. Selain masih berbentuk pohon, kata dia, 74 kilogram ganja kering siap pakai ikut disita.

Salah satu daerah yang dijadikan ladang ganja, jelas Imet, yakni Pegunungan Seulawah, Aceh Besar. Dikatakannya, tak mudah untuk menemukan ladang. Petugas harus menyusuri gunung berhari-hari.

"Kami sisir jalan-jalan setapak. Kadang kami cari, kadang dapat informasi lokasinya dari warga," jelas dia di Polsek Kota Malaka, Aceh Besar, Sabtu (19/2/2011).

Sebagian ganja setengah kering hasil operasi disimpan di Polsek Kota Malaka. Sebagian lagi masih di ladang. Nantinya, barang bukti itu akan dimusnahkan.

Dikatakan Imet, pihaknya kesulitan untuk mencari para pelaku penanam ganja. Pasalnya, ucap dia, mereka tak akan berani ke ladang jika melihat polisi berkumpul di bawah gunung. "Di ladang di Seulawah kami tangkap empat tersangka," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com