Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara El Tari Ditutup 6 Jam

Kompas.com - 19/02/2011, 12:54 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur ditutup selama sekitar enam jam menyusul gagalnya pesawat Merpati Nusantara Airlines (MNA) lepas landas menuju Ruteng pada Sabtu (19/2/2011) pukul 06.20 Wita.

Manager Operasi dan Teknik PT (Persero) Angkasa Pura, Tri Joko yang dikonfirmasi di Bandara El Tari Kupang, membenarkan hal itu, dan mengatakan bahwa bandara tersebut baru dibuka kembali sekitar pukul 11.20 Wita.

Penutupan bandara tersebut, karena ekor dan sayap kanan pesawat Merpati dengan nomor penerbangan MZ-6504 itu gagal lepas landas sehingga menghalangi landasan pacu (runway). "Pada pukul 11.20 Wita, runway baru dinyatakan clear dan dibuka kembali untuk masuk keluarnya pesawat," katanya.

Dia menjelaskan, sekitar pukul 10.55 Wita, pesawat Merpati baru bisa ditarik keluar dengan alat berat dari landasan pacu.

Hanya dua pesawat yakni Wings Air tujuan Kupang-Maumere dan Lion Air tujuan Kupang-Jakarta yang terbang lebih awal, sementara pesawat lainnya seperti Susi Air, Batavia Air tujuan Jakarta dan TransNusa tujuan Alor-Ende-Labuan Bajo dan Tambolaka terpaksa menunda penerbangan. "Ada sekitar tujuh penerbangan yang tertunda tetapi sekarang sudah mulai normal kembali," katanya.

Mengenai kerusakan, Tri Joko mengatakan, berdasarkan keterangan dari pilot Merpati, pesawat Merpati MA 60 tergelincir dan keluar dari landas pacu Bandara El Tari, karena mengalami gangguan pada stir.

Menurut dia, pesawat baling-baling dengan register PK-MZJ itu tergelincir ketika hendak lepas landas pukul 06.20 Wita.

Sejauh ini, pihak maskapai penerbangan MNA belum memberikan keterangan terkait dengan kasus tersebut. Pesawat Merpati tujuan Kupang-Ruteng di ujung barat Pulau Flores itu mengangkut sekitar 42 penumpang dengan empat orang awak pesawat. Tidak korban jiwa dalam insiden pesawat gagal lepas landas itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com