Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandang dan Longsor Landa Bojonegoro

Kompas.com - 02/02/2011, 15:29 WIB

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Banjir bandang yang terjadi pada Senin malam hingga Selasa menerjang 17 desa di Kecamatan Bubulan, Temayang, Sukosewu, Kapas dan Balen; Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Akibatnya ratusan hektar padi terendam, 493 unggas, dan satu ekor kambing hanyut. Di Kecamatan Bubulan, rumah Sapuan warga Desa Ngorogunung dan rumah Yatno, warga Desa Sumberbendo roboh. Sementara rumah Naimah rusak berat.

Sementara pada Rabu (2/2/2011) jalur yang menghubungkan Dusun Tadahan dan Tengaring, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang putus akibat tanah longsor sepanjang 50 meter dengan kedalaman 3 meter. Material longsoran berupa lumpur dan batu menutup jalan selebar 3 meter.

Camat Gondang, Triyono Siswanto menyatakan longsoran itu menghalangi pengendara roda dua dan roda empat. Saat ini baru dilakukan pembersihan jalan dari longsoran dan belum dilakukan perbaikan. Perbaikan jalan diperkirakan membutuhkan dana Rp 100 juta.

"Warga bergotong royong menyingkirkan longsoran. Longsor itu terjadi setelah hujan deras sementara kondisi lahan tidak ada tangkis untuk penahan air karena gundul," ujarnya.

Sementara longsor di Desa Purwosari Kecamatan Purwosari terjadi di lahan berukuran 3 meter x 34 meter di lahan Abdul Azis (38) dan pondasi rumah ukuran 7 meter x 34 meter. Rumah beratap seng itu digunakan untuk membuat deker dari bambu dan pembuatan paving block. Kerugian diperkirakan Rp 50 juta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com