Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modul Rumput Laut Dongkrak Produksi

Kompas.com - 27/01/2011, 15:04 WIB

AMBON, KOMPAS.com — Modul budidaya rumput laut berbasis kompetensi diluncurkan untuk terus meningkatkan produksi rumput laut di Maluku. Peningkatan produksi ini akan dibarengi dengan pembangunan sejumlah industri pengolah rumput laut di enam kluster rumput laut yang dikembangkan di Maluku.  

Modul budidaya rumput laut yang disusun oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon selama enam bulan bekerja sama dengan Organisasi Buruh Internasional (ILO) dan Pemerintah Provinsi Maluku ini diluncurkan oleh Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff di Ambon, Kamis (27/1/2011). 

Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon Heri Edi mengatakan, modul budidaya rumput laut dibuat sesederhana mungkin sehingga mudah diserap nelayan atau mereka yang hendak membudidayakan rumput laut. Dengan mengikuti modul tersebut, dalam waktu tidak lebih dari lima hari mereka sudah bisa membudidayakan rumput laut. 

Modul ini sudah dipraktikkan terlebih dahulu oleh sejumlah nelayan di Kabupaten Seram Bagian Barat dan Maluku Tenggara Barat sebelum diluncurkan kemarin. 

Direktur ILO Indonesia Peter Van Rooij mengatakan, ILO akan menggunakan modul tersebut untuk melatih 500 pemuda putus sekolah di Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tenggara, dan Maluku Tenggara Barat. Ini dilakukan sebagai upaya ILO membantu pemerintah mengentaskan rakyat miskin di Maluku. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com