Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Pelacak Kawal Gereja

Kompas.com - 24/12/2010, 13:58 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Selain mengerahkan sekitar 1.200 pasukan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polresta Denpasar juga akan memanfaatkan jasa satuan unit satwa K-9 atau anjing pelacak yang akan mendeteksi bahan peledak atau benda-benda mencurigakan lainnya.

“Lima anjing pelacak akan kami kerahkan menjaga perayaan Nataru di Gereja dan hotel besar,” ujar Kapolresta Denpasar, Kombes Suryanbodo Asmoro di Mapoltabes Denpasar.

Selain disebar ke sejumlah gereja besar di Denpasar, anjing pelacak itu juga akan berpatroli ke hotel-hotel di kawasan wisata yang merupakan salah satu obyek vital.

Dalam persiapan misa atau kebaktian nanti malam, semua Gereja di Denpasar akan mendapat pengawalan ketat, khususnya di wilayah-wilayah rawan. Selain berkoordinasi dengan panitia penyelenggara Natal di Gereja, polisi juga akan bekerjasama dengan pecalang atau petugas keamanan adat untuk mengamankan malam Natal di Bali.

Satu jam sebelum pelaksanaan Misa atau kebaktian nanti, Polisi juga akan melakukan penyisiran menggunakan anjing pelacak, alat pendeteksi seperti mirror, sekdor, hingga metal detector di sejumlah Gereja besar seperti Lembah Pujian, HKBP (Huria Kristen Batak Protestant) untuk mengantisipasi adanya benda-benda mencurigakan.

“Sesuai penekanan Kapolda, operasi Lilin ini kami lakukan secara kemanusiaan dan ibadah harus benar benar dilayani dan aman,” kata Kapolresta Suryanbodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com