Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buol Kaya Emas, Batu Bara, Bijih Besi

Kompas.com - 01/09/2010, 09:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Buol, salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah, menyimpan potensi tambang yang terdapat di perut bumi kabupaten yang memiliki luas wilayah 3.507 km² dan berpenduduk sebanyak 97.134 jiwa (2000) itu.

Menurut Wikipedia, beberapa potensi tambang dan energi itu, antara lain berupa batu bara yang terdapat di Desa Lamadong I, Kecamatan Momunu pada formasi melosa berselang-seling dengan lempung dan batu pasir halus sampai kasar.

Selain batu bara, Buol juga memiliki potensi tambang emas. Potensi ini terletak di lokasi masyarakat melalui pertambangan rakyat terdapat di beberapa tempat, antara lain Desa Lintidu di Kecamatan Paleleh; Desa Bulagidun, Labuton, dan Matinan di Kecamatan Bunobogu.

Buol ternyata juga memiliki kekayaan alam berupa pasir kuarsa dan kaolin. Pasir kuarsa dan kaolin ini bermanfaat untuk industri keramik, gelas abrasive, bahan timbunan, industri kimia, industri cat, isolasi dan industri semen. Potensi pasir kuarsa dan kaolin itu tersebar di sembilan kecamatan.

Potensi lain yang tersimpan di perut bumi Buol antara lain gypsum, lempung, dan tanah liat terdapat di hampir seluruh kecamatan. Kerikil dan batu terdapat di seluruh sungai dalam jumlah besar.

Potensi penambangan lain adalah biji besi yang tersebar di sembilan kecamatan. Sementara penambangan pasir terdapat di hampir semua pesisir pantai dan sungai dalam jumlah yang besar. Batu kapur terdapat di Kecamatan Biau dan Bokat. Kaolin tersebar di Sembilan Kecamatan. Batu tambang lainnya, seperti minyak bumi, masih perlu dilakukan penelitian secara intensif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com