Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Sulbar Masih Ada 8.802 Anak Terlantar

Kompas.com - 23/04/2010, 01:36 WIB

MAMUJU, KOMPAS.com - Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat mencatat sebanyak 8.802 orang anak terlantar di daerah itu butuh perhatian pemerintah setempat.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Ansar Hasanuddin, di Mamuju, Kamis (22/4/2010) mengatakan, kategori usia anak terlantar tersebut, antara 0 sampai 15 tahun.

Di antara anak terlantar itu banyak yang masih memiliki orang tua tetapi mereka tidak mendapatkan perhatian. Kemudian, anak jalanan lainnya adalah anak yang tidak memiliki orangtua dan hidup di jalan tanpa tempat tinggal.

"Anak yang diterlantarkan orangtuanya belum dapat disentuh untuk dilakukan pembinaan karena masih dikuasai orangtuanya, kecuali anak jalanan yang tidak memiliki orangtua, butuh bantuan pemerintah," katanya.

Anak terlantar yang tidak memiliki orangtua, telah dilakukan pembinaan pemerintah melalui pelatihan dan pembinaan agar nantinya memiliki keahlian di masyarakat.

"Namun sebagian lainnya belum bisa dibina karena terbatasnya anggaran yang dimiliki pemerintah daerah ini, mereka kemudian dimasukkan dalam panti asuhan," katanya.

Menurut dia, jumlah panti asuhan di Sulbar masih sedikit hanya 43 unit yang dianggap tidak sebanding dengan banyaknya anak terlantar yang tersebar di lima kabupaten yakni Mamuju, Mamasa, Majene, Polman dan Mamuju Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com