Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan di Tambang Milik Newmont, Satu Orang Tewas

Kompas.com - 18/01/2010, 16:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Newmont Nusa Tenggara Timur melaporkan telah terjadi kecelakaan di lokasi tambang Batu Hijau, Sumbawa Barat, Minggu (17/1/2010). Akibat peristiwa tragis itu, seorang operator dozer, Johanis A Dawir meninggal dunia.

"Dengan duka yang mendalam kami sampaikan bahwa salah satu rekan kerja kita telah meninggal dunia dalam kecelakaan tragis ini. Perusahaan akan memberikan bantuan yang diperlukan oleh keluarga Pak Johanis dalam menghadapi musibah yang berat ini ," kata General Manager Operations PT NNT Darren Hall.

Selain itu, pihak manajemen PT NNT menyatakan siap bekerja sama dengan instansi pemerintah untuk menyelidiki kejadian ini dan belajar bagaimana dapat mencegah kejadian ini agar tidak terulang lagi di masa mendatang. "Keselamatan kerja harus selalu menjadi prioritas utama kita," tegasnya.

Pada saat kejadian, Johanis A. Dawir yang tengah mengoperasikan dozer dan alat berat tersebut terkena longsoran material. Lokasi kejadian diamankan dan upaya penyelamatan korban dilakukan. Johanis berhasil dikeluarkan, namun korban akhirnya menghembuskan napas terakhir.

Johanis, 41 tahun, telah bekerja di PT NNT selama 11 tahun. Korban meninggalkan seorang istri, Panca Henni Haryani, dan anak perempuan, Shania A Dawir. "Kami akan terus melaporkan perkembangan lebih lanjut dari kasus ini," kata Hall menambahkan. 

 

Kecelakaan itu telah dilaporkan ke pihak Dinas Pertambangan dan Energi dan aparat polisi setempat. Saat ini, proses penyelidikan tengah berlangsung untuk mengetahui secara pasti penyebab kecelakaan yang menewaskan satu pekerja di lokasi tambang itu.

Untuk kepentingan penyelidikan, semua kegiatan di sumur tambang telah dihentikan hingga selesainya penyelidikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral maupun PT NNT. Manajemen dan karyawan PT NNT diminta bisa bekerja sama secara penuh dengan pihak Kementerian ESDM untuk bisa mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan itu.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com