Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UII Yogyakarta Siap Merawat dan Memugar Candi Kuno

Kompas.com - 25/12/2009, 19:04 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menyatakan siap melakukan pemugaran total terhadap candi kuno yang ditemukan di areal kampus UII Jalan Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta. Candi itu dinilai memiliki nilai sejarah dan budaya tinggi yang sejalan dengan nafas pendidikan yang diemban UII.

"Sebagai artefak budaya, candi itu tentu memiliki sejarah tersendiri. Itu merupakan suatu nilai positif untuk mencerdaskan masyarakat," kata Rektor UII Yogyakarta Edy Suandi Hamid saat ditemui usai persiapan reuni akbar UII di Sleman, Jumat (25/12/2009).

Karena itu, candi yang saat ini masih dalam tahap penelitian oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Yogyakarta itu perlu dipugar wujudnya agar bisa terlihat seperti sedia kala. "Kita tunggu penyelesaiannya (penelitian) oleh BP3. Setelah itu akan kita bicarakan dengan pemerintah. UII tidak berkeberatan untuk memperbaiki dan menjaganya," kata Edy.

Jika nanti telah selesai dipugar, Edy mengatakan candi itu akan terbuka untuk dikunjungi, baik oleh mahasiswa UII sendiri maupun masyarakat umum. "Tinggal bagaimana pengaturannya saja," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah candi peninggalan Mataram Kuno (abad 9-10 M) ditemukan di areal ka mpus UII, 11 Desember lalu, saat beberapa pekerja proyek pembangunan perpustakaan tengah menggali fondasi. Setelah dilakukan penggalian oleh BP3 dalam beberapa hari terakhir, diketahui candi itu berbentuk bujur sangkar berukuran 6X6 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com