Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah di Pekalongan Diterjang Puting Beliung

Kompas.com - 30/11/2009, 12:18 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Sekitar 161 rumah di Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah rusak diterjang angin puting beliung, Minggu (29/11) sekitar pukul 20.00.

Dari jumlah tersebut, lima di antaranya rusak parah dan tidak dapat ditempati, yaitu rumah milik Khulaefi (42), Slamet Urip (55), Rohmawati, Mulyono, dan Simoh (75). Selain itu, tiga warga luka akibat tertimpa kayu dan genting, yaitu Abdul Kholik (50), Irawan (25), dan Arjun Ardiansyah (9).

Hingga Senin (30/11), warga bersama dengan polisi dan TNI masih memperbaiki rumah-rumah yang rusak. Sebagian besar kerusakan berupa hancurnya genting-genting rumah, akibat diterpa angin besar. Polisi bersama dengan pemerintah setempat juga membuka posko kesehatan untuk masyarakat.

Menurut Khulaefi, sebelumnya hujan deras melanda wilayah tersebut. Sesaat kemudian, muncul angin besar yang berputar-putar di atas pemukiman warga. "Listrik saat itu juga mati," ujarnya.

Warga panik dan berhamburan keluar rumah. Hingga saat ini, warga yang rumahnya rusak masih mengungsi di rumah saudara atau tetangga. Wakil Wali Kota Pekalongan, Abu Almafachir mengatakan, Pemerintah memberikan bantuan material bangunan untuk memperbaiki rumah yang rusak. Rumah-rumah yang rusak parah juga dibangun kembali, agar bisa segera ditempati.

Selain itu, Pemerintah juga telah mengirimkan bantuan pangan, berupa beras dan lauk. "Untuk sementara, warga yang rumahnya masih bisa ditempati, menempati rumah masing-masing. Tetapi yang rumahya belum bisa ditempati, terpaksa mengungsi dulu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com