Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk Diprediksi Landa Kalimantan Selatan

Kompas.com - 23/11/2009, 08:06 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.com - Cuaca buruk diprediksi melanda wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) selama satu minggu ke depan sehingga seluruh warga diimbau meningkatkan kewaspadaan.
     
"Cuaca buruk diprediksi berlangsung selama tiga hari hingga satu minggu ke depan dan terjadi hampir merata di seluruh wilayah Kalsel sehingga warga harus mewaspadai," ujar Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Banjarbaru Sucantika Budi, Senin.
     
Ia mengatakan kewaspadaan patut ditingkatkan karena cuaca buruk yang diprediksi berlangsung selama satu minggu itu berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang bisa berdampak buruk bagi suatu kawasan maupun warga yang berada di kawasan tersebut.  
     
"Jika cuaca buruk tengah berlangsung, segera cari tempat berlindung karena ancaman petir dan angin kencang mengintai," katanya.
     
Selain itu, kata dia, warga juga sebaiknya menghindari daerah terbuka baik di daratan maupun perairan karena wilayah itu paling rawan terkena bencana saat cuaca buruk.
     
Ia menjelaskan munculnya cuaca buruk di wilayah Provinsi Kalsel dipicu pertemuan angin (convergen) dari arah barat menuju timur yang melanda sejumlah kawasan mulai dari Pulau Sumatra, Kalimantan hingga Sulawesi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com