Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stres, Puluhan Pencari Kerja Mendadak Gila

Kompas.com - 10/11/2009, 10:13 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Puluhan pencari kerja dari sejumlah daerah di Indonesia yang mencoba mengadu nasib di Bali mendadak mengalami stres berat hingga akhirnya lupa ingatan dan menggelandang.

"Mereka yang terserang penyakit jiwa itu rata-rata tidak memiliki anggota keluarga di Bali sehingga pemerintah setempat harus turun tangan untuk merawat gelandangan yang gila tersebut," kata Direktur Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali dr Tjokorda Istri Rai Manik di Denpasar, Selasa (10/11).

Ia mengatakan, mereka selama ini dirawat di rumah sakit jiwa (RSJ) yang ada di Bangli, beberapa di antaranya kemudian berhasil disembuhkan. Namun, setelah sembuh, kesulitan kembali dihadapi pemerintah, yakni mengembalikan mereka ke daerah asalnya.

"Dinas Sosial Provinsi Bali sebenarnya ingin membantu untuk pemulangan mereka ke daerah asal, tetapi terbentur dengan jawaban dari sejumlah daerah tujuan, yang menyatakan bahwa yang bersangkutan bukan berasal dari daerah yang disurati," ujar Rai Manik.

Pasien yang dirawat di rumah sakit jiwa semuanya tercatat 243 orang. Dari jumlah itu, 48 di antaranya adalah pasien pencari kerja di Bali yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. "Beberapa di antara mereka sebenarnya sudah sembuh, tetapi kami mengalami kesulitan dalam mengembalikan orang bersangkutan kepada pihak keluarganya," ujar Rai Manik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com