Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Kaltim: Atasi TKI Ilegal Perlu Kerja Sama Daerah Penyuplai

Kompas.com - 31/08/2009, 10:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kapolda baru Kalimantan Timur Irjen Pol Mathius Salempang mengatakan, untuk mengatasi masalah penyelundupan TKI ilegal ke Malaysia melalui Kaltim, perlu adanya kerja sama beberapa daerah penyuplai tenaga kerja asal Indonesia.

"Ada beberapa daerah yang saya harap bisa bekerja sama, seperti Sulawesi Selatan, Jatim, Jateng. Karena Kaltim hanya sebagai transit," ucapnya seusai acara serah terima jabatan (sertijab) beberapa Kapolda di Mabes Polri, Senin (31/8).

Mengenai pembalakan ilegal yang marak di Kaltim, Kapolda Kaltim menegaskan bahwa Kapolri telah mengarahkan agar tidak ada lagi pembalakan liar di seluruh wilayah Indonesia. "Arahan Kapolri jelas tidak ada lagi illegal logging (pembalakan liar). Saya akan pelajari dari Kapolda lama (masalah TKI ilegal dan illegal logging) karena ini benar-benar daerah baru buat saya," tuturnya.

Dalam sertijab tersebut, Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri meresmikan jabatan tiga Kapolda baru, yaitu Kapolda Kaltim Irjen Mathius Salempang dari sebelumnya Irjen Andi Masmiat, Kapolda Kepulauan Riau Brigjen (Pol) Pudji Hartanto Iskandar dari sebelumnya Brigjen (Pol) Dikdik Mulayana Arif Mansyur, dan Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen (Pol) Sukrawardi Dahlan dari Brigjen (Pol) Djoko Satryo. Terakhir Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Adang Rochjana dari sebelumnya Irjen Mathius Salempang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com