Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Bayi Itu Membatu di Kandungan?

Kompas.com - 23/04/2009, 11:28 WIB

BATURAJA, SRIPO — Tim dokter yang dipimpin dr H Hafiz Usman SpoG  dikejutkan dengan ditemukannya bayi yang sudah membatu di dalam rongga perut Ny Painah (48). Saat itu Painah sedang menjalani operasi pengangkatan mioma uteri (sejenis tumor jinak,) di Rumah Sakit Dr Noesmir Baturaja, Rabu (22/4).

Menurut keluarga Painah, kemungkian besar bayi itu sudah “menghuni” perut ibunya selama 24 tahun. Saat itu, setelah acara nujuh bulan (syukuran untuk wanita yang sedang hamil tujuh bulan), janin di perut Ny Painah hilang dan perut Ny Painah berangsur mengecil seperti orang yang sudah bersalin.

Dr H Hafiz Usman SpoG yang ditemui seusai melakukan tindakan operasi mengatakan, kasus ini atau dalam istilah medis lito pedium (lito berarti batu dan pedium artinya anak) baru pertama kali ditemukan di Ogan Komering Ulu (OKU). Namun, di dunia medis hal ini sudah dikenal, dan kasus terakhir terjadi di Jawa Timur.

Menurut Dr H Hafiz Usman SpoG, Painah mengalami kehamilan intra abdominal atau ekstra utrin, janin meninggal dunia di dalam tapi tidak terjadi pembusukan dan janin tidak keluar (lahir) sebab posisi janin di dalam rongga perut (di luar rahim). Akibatnya, terjadi proses kalsifikasi (pengapuran).

Janin dengan berat 300 gr-400 gr dan panjang 14 cm (jika diluruskan), menurut dokter, diperkirakan berusia empat bulan. Janin normal ini masih terbungkus jaringan ikat kologin dengan posisi tangan kanan dilipat di bawah kepala dan tangan kiri terlipat di bawah paha kiri. Menurut Dr H Hafiz Usman, janin pasangan Ny Painah dan Sugiyanto ini sudah memiliki anggota gerak atas dan bawah yang lengkap.

Menurut Hafiz Usman, awalnya pasien masuk ke rumah sakit dengan keluhan  keluar darah dari vagina (pendarahan) selama dua bulan terakhir tanpa henti. Selanjutnya, pasien asal Desa Krujon, Kecamatan Semendaway Suku III atau yang lebih dikenal BK XVI Belitang, Kabupaten OKU Timur, ini menjalani pemeriksaan kesehatan. Setelah dilakukan USG ditemukan tumor jinak di dalam rahim dan disarankan operasi mioma uteri.

Lebih jauh, menurut dokter, saat USG tidak tergambar dengan khas kalau ada lito pediun dalam perut pasien sehingga perhatian tim dokter hanya terfokus pada tumor. Operasi dimulai pukul 09.00 (1,5 jam) setelah dokter melakukan tindakan operasi pengangkatan mioma uteri, rahim lengket ketika dilepaskan dokter teraba benda seperti batu di daerah saluran telur sebelah kanan di luar rahim.

Awalnya dokter heran kenapa ada batu dalam perut pasien, rupanya ditemukan lito pediom di daerah saluran telur sebelah kanan di luar rahim. Setelah dokter menemukan lito pedium, tak lama berselang dokter juga menemukan tembuni yang tidak terserap yang juga sudah mengalami pengapuran.

Kasus hamil di luar rahim sebenarnya sering terjadi, tapi bila cepat ketahuan bisa diselamatkan dengan cara melakukan operasi pada saat janin sudah cukup bulan. Kasus ini menurut dokter tergolong langka.

“Bila keluarga pasien ikhlas bisa disumbangkan ke laboratorium untuk kepentingan pengetahuan dunia kedokteran,” katanya. Namun, sayangnya, keluarga Painah akan menguburkan janinnya, apalagi ini janin pertama dan terakhir (karena setelah itu Painah tidak hamil lagi).

Pengamatan  Sripo, Painah yang baru menjalani operasi belum pulih. Wanita separuh baya ini terlihat belum sadar. Anggota keluarga Painah ingin merahasiakan seputar ditemukannya janin yang sudah mengalami pengapuran, bahkan mereka meminta pengunjung rumah sakit maupun penunggu pasien tidak merubung Painah. “Sudahlah, jangan jadi tontonan, ini orang sakit,” ujar salah seorang keluarga Painah seraya meminta warga membubarkan diri. (eni)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com