Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu Kian Dekat, Caleg-caleg Serbu Paranormal

Kompas.com - 19/02/2009, 10:27 WIB

SURABAYA, KAMIS — Kepercayaan terhadap hal-hal yang bersifat supranatural ternyata bukan monopoli orang-orang yang mencari pengobatan ke dukun cilik ajaib` Ponari asal Jombang.

Warga yang secara umum dianggap sebagai kelompok berpendidikan dan rasional seperti para calon anggota legislatif (caleg), ternyata beberapa dari mereka juga tertarik pada dunia supranatural dan perdukunan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Surya, mendekati pemilu pada 9 April nanti, kini mulai marak para caleg mendatangi `orang pintar`. Tujuan mereka adalah untuk memuluskan jalan menjadi anggota legislatif, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun pusat (DPR RI).

“Saya tak setuju kalau disebut mendatangi dukun. Lebih tepatnya adalah mendatangi `orang pintar` atau `orang tua`,” kata seorang caleg DPRD Jatim dari Dapil Madura kepada Surya, Rabu (18/2).

Menurut caleg itu, dengan persaingan merebut kursi anggota Dewan yang kian ketat setelah dihapuskannya sistem nomor urut, para caleg kini memang dituntut berupaya lebih keras jika ingin terpilih. Upaya itu tak hanya bersifat lahir seperti menebar baliho caleg atau dengan beriklan di media massa, namun juga upaya yang bersifat batin atau supranatural.

Sebagai bagian dari upaya batin itu, caleg tersebut kini sudah berbekal sebuah jimat yang diberikan gurunya. “Bentuknya berupa rajah. Tapi, saya juga melakukan amalan-amalan lain yang tak terhitung jumlahnya,” kata caleg yang memercayai pengobatan Ponari itu.

Kertas rajah tersebut dibawa caleg itu ke manapun dia berkampanye dengan harapan setiap orang akan terpana dan melihat dirinya seperti orang yang paling mengesankan. Sebelumnya, seperti diberitakan Surya, Senin (16/2) lalu, ada juga caleg lokal yang mendatangi Ahmad Ihsanuji alias Cak Mad (warga Desa Kebondalem, Kecamata Bangorejo, Banyuwangi) guna meminta bantuan `batu petir` milik Cak Mad, yang disebut-sebut punya keajaiban seperti batu petir milik Ponari.

Batu petir Cak Mad itu dicelupkan ke dalam air, kemudian airnya diminum oleh caleg itu. Meski demikian, Cak Mad selalu mengingatkan kliennya agar tidak syirik, dan bahwa kesembuhan atau terkabulnya permintaan mereka (termasuk menjadi anggota legislatif nanti) adalah karena semata kehendak Tuhan.

Sementara itu, seorang caleg lain asal Surabaya yang diwawancarai Surya juga mengakui bahwa ada rekannya yang mendatangi `orang pintar` agar perjuangannya menjadi anggota dewan berhasil. Bahkan, ia memberitahu, hubungan dengan ‘orang pintar’ itu ternyata tidak sekadar urusan pribadi antara sang caleg dengan si `orang pintar`.

Tetapi kini ada juga orang lain atau pihak ketiga yang memanfaatkan momen musim kampanye caleg ini sebagai ajang bisnis anyar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com