Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Kantor Dinas PPO Ende Terbakar

Kompas.com - 14/02/2009, 13:30 WIB

ENDE, SABTU — Gedung kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Ende di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, kebakaran, Sabtu (14/2), sekitar pukul 11.00 Wita. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas PPO Kabupaten Ende Melki Lema, titik api diperkirakan dari unit gedung koordinator pengawas yang terletak di bagian paling belakang di kompleks kantor tersebut.

"Api membesar seusai rapat para guru SD se-Kecamatan Pulau Ende. Ketika guru-guru meninggalkan kantor, api mulai membesar hingga ke unit gedung di depan kantor," kata Melki Lema.

Melki mengatakan, dalam gedung koordinator pengawas itu tidak ada instalasi listrik sehingga ada kemungkinan asal api bukan akibat persoalan listrik. Namun, di dalam gedung itu terdapat pula banyak dokumen karena terdapat ruangan untuk penyimpanan arsip, serta beras jatah guru PNS.

Kejadian itu menjadi tontonan warga yang memadati halaman depan, dan belakang kantor PPO. Warga yang menonton, begitu pula tukang ojek, banyak yang membantu pegawai dinas setempat mengeluarkan barang-barang, dokumen, termasuk beras jatah guru. Api baru dapat dipadamkan 1,5 jam kemudian dengan mengerahkan tiga unit mobil tangki.

Pihak Dinas PPO Kabupaten Ende belum dapat memperkirakan besar kerugian akibat kebakaran tersebut.

Wakil Kepala Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Ende Komisaris Arly Jembar Jumhana di lokasi kejadian mengatakan, penyebab kebakaran belum diketahui.

"Semetara ini, kami masih fokus jangan sampai ada korban, dan mengamankan barang-barang milik dinas. Setelah lokasi ini diberi garis polisi, baru tim identifikasi akan turun menyelidiki penyebab kebakaran ini," kata Arly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com