Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebanjiran, Bandara Ahmad Yani Tutup hingga Pukul 13.00

Kompas.com - 08/02/2009, 09:31 WIB

Laporan wartawan Kompas Christoporus Wahyu Haryo P

SEMARANG, MINGGU — Banjir menggenangi Bandar Udara Ahmad Yani, Semarang, menyusul hujan deras yang terus mengguyur sejak Sabtu malam. Akibatnya, bandara utama di Provinsi Jawa Tengah ini lumpuh. Seluruh penerbangan, baik dari maupun ke Semarang, terpaksa ditunda hingga genangan air yang ada di landas pacu surut.

Kondisi cuaca saat berita ini diturunkan sudah terang, namun air masih merendam banyak bagian di kawasan tersebut. Rencananya, bandara baru akan dibuka pukul 13.00, Minggu (8/2), menunggu air di permukaan landasan kering.

Tidak hanya badan landasan, sejumlah titik di lokasi itu, mulai dari pintu masuk hingga gerbang bandara, masih digenangi air. Akibatnya, akses ke dan dari bandara pun terhambat walaupun masih bisa dilalui kendaranan.

Sedangkan, para calon penumpang sendiri tidak bisa melakukan apa-apa, sebab keterlambatan ini disebabkan faktor cuaca. Sebagian besar penumpang lebih memilih pulang dan kembali siang nanti. Sisanya menunggu di bandara.

Pihak bandara dibantu Pemkot Semarang saat ini sedang berupaya memompa air yang menggenangi bandara. Tinggi air yang menggenangi landasan pesawat diperkirakan mencapai 10-15 cm. Dengan ditutupnya bandara hingga pukul 13.00, maka akan ada 12 pesawat dari Semarang dan 9 pesawat menuju Semarang yang dibatalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com