Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitungan Manual, Sementara Karsa Unggul di Bangkalan

Kompas.com - 22/01/2009, 11:24 WIB

BANGKALAN, KAMIS — Rekapitulasi suara secara manual Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ulang Provinsi Jatim di Bangkalan, Madura, digelar serentak di 18 kecamatan, Kamis.
    
"Ini sesuai ketentuan yang telah ditetapkan KPU bahwa rekapitulasi manual di tingkat kecamatan digelar pada H+1 pelaksanaan," kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Bangkalan Sutjipto, SAg.
    
Pelaksanaan penghitungan manual di Kecamatan Bangkalan dimulai pukul 09.30, molor satu jam dari jadwal yang ditentukan sebelumnya.
    
Hasil sementara menunjukkan, pasangan Cagub/Cawagub Soekarwo-Syaifullah Yusuf (KarSa) unggul dibanding pasangan Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (Ka-Ji) dengan memperoleh 1.770 suara dari delapan tempat pemungutan suara (TPS) di Kelurahan Mlajah, sedangkan Ka-Ji meraih 327 suara, dengan jumlah suara tidak sah 39.
    
Anggota KPU Jawa Timur Arief Budiman saat meninjau pelaksanaan rekapitulasi manual di Kecamatan Bangkalan menyatakan sesuai hasil pantauan KPU pelaksanaan rekapitulasi berlangsung lancar.
    
"Memang ada protes dari saksi KaJi di salah satu kecamatan seperti yang disampaikan KPU, tapi semuanya sudah selesai setelah kami memberikan penjelasan," katanya.
    
Ia menambahkan saksi KaJi melancarkan protes karena rekapitulasi manual kali ini tidak menyertakan daftar pemilih tetap (DPT). Ia menjelaskan sesuai dengan aturan, DPT hanya disertakan di TPS dan itu sudah dilakukan. Hingga pukul 10.30, tiga dari 13 kelurahan di Kecamatan Kota Bangkalan telah melakukan rekapitulasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com