Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Guncang Yogyakarta, Terasa Hingga Klaten

Kompas.com - 16/11/2008, 21:55 WIB

YOGYAKARTA,MINGGU--Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya dikejutkan oleh guncangan gempa bumi pada Minggu (16/11) malam, pukul 20 : 36 WIB.

Kepala Seksi Observasi Badan Metereologi dan Geofisika (BMG) Yogyakarta Bambang Subagyo mengatakan, posisi gempa berada di 8,8 lintang selatan dan 110,38 bujur timur, dengan kedalaman 20 kilometer di Samudra Hindia, atau berada di sekitar 96 kilometer barat daya Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Getaran gempa berkekuatan 5, 2 Skala Richter itu terasa mulai dari Gunung Kidul, Kota Yogyakarta, hingga Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Menurut Bambang masyarakat tidak perlu khawatir karena pusat gempa berada jauh dari pantai sehingga tidak berpotensi menimbulkan tsunami. "Getarannya memang cukup keras, namun sampai sekarang kami juga belum menerima informasi adanya kerusakan akibat gempa," katanya.

Sebelumnya, gempa bumi tektonik berkekuatan 5,0 pada Skala Richter (SR) juga mengguncang wilayah barat daya Bintuhan, Bengkulu, Minggu, pukul 15.30 WIB.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) menyampaikan informasi gempa itu, dipantau dari Palembang, menyebutkan lokasi gempa pada 5.36 derajat Lintang Selatan (LS)-102.32 derajat Bujur Timur (BT), sejauh 133 km barat daya Bintuhan, Bengkulu, terjadi pukul 15.30.03 WIB. Menurut laporan BMG itu, pusat gempa berada pada kedalaman (episentrum) sejauh 83 km.

BMG menegaskan, gempa yang terjadi di perairan Bengkulu itu dipastikan tidak menimbulkan ancaman gelombang laut (tsunami).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com