Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Ibu Masih Siaga

Kompas.com - 29/09/2008, 18:32 WIB

BANDUNG, SENIN - Hingga H-2 Lebaran 2008, Senin (29/9), Gunung Ibu di Maluku Utara masih bertahan pada status Siaga atau level III. Gunung yang berstatus siaga sejak 21 April 2008 itu, menjadi satu-satunya gunung api di Indonesia yang saat ini berstatus di level III.

"Saat ini hanya Gunung Ibu yang berstatus siaga atau Level III, aktivitasnya diawasi di Pos Gunung Api (PGA) Gamsungi," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi, Surono, di Bandung, Senin (29/9).

Gunung Ibu mempunyai karakter letusan berupa abu vulkanik. Oleh karena itu, masyarakat di sekitar gunung diminta untuk tidak mendekat ke gunung itu.

Selain Gunung Ibu, terdapat 15 gunung api lainnya yang mendapat pengawasan intensif dari PVMBG dengan status waspada (level II). Gunung-gunung api itu, kata Surono, yakni, Gunung Anak Krakatau, Dukono, Soputan, Semeru, Lewotobi, Egon, Gamalama, Papandayan, Lokon, Talang, Kelud, Karangetang, Kerinci, Gamkonora dan Gunung Bromo.

"Bagi masyarakat yang akan berwisata ke kawasan gunung api, tak ada masalah. Silakan saja berwisata dengan catatan patuhi rambu-rambu pemandu wisata di sana," kata Surono.

Beberapa obyek wisata gunung api khususnya di Pulau Jawa menjadi salah satu obyek wisata favorit pada setiap musim lebaran seperti Gunung Merapi, Bromo, Dieng, Kelud, Semeru, Papandayan, Gunung Gede serta yang lainnya.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com