Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Regina Tewas Dicekik Suaminya

Kompas.com - 12/09/2008, 04:03 WIB

Laporan Wartawan Pos Kupang Martin Lau Nahak
 
LARANTUKA, KAMIS - Kasus Ny. Regina Labobuang (49), seorang ibu rumah tangga di Desa Lamika, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur (Flotim), yang ditemukan tewas gantung diri di bubungan dapur rumahnya terkuak. Ny. Regina ternyata bukan stres hingga nekad gantung diri hingga tewas, melainkan karena dianiaya dan dicekik oleh suaminya, Yoseph Piran (51).

Setelah istrinya tewas, Yoseph kebingungan, lalu berupaya menghilangkan jejak kejahatannya. Yoseph mengambil seutas tali nilon di dalam rumah mereka dan mengikatkan pada leher korban lalu menggantung mayat korban di bubungan dapur rumah mereka. Selanjutnya pelaku mengajak sejumlah anak muda di Desa Lamika pergi ke kebunnya, dan pulang pada pukul 15.00 Wita. Saat tiba di rumah, Yoseph pura-pura membuka pintu dapur dan sengaja gusar sambil menyampaikan kepada seluruh tetangga di desa itu kalau istrinya, Regina, telah tewas gantung diri di bubungan dapur rumah mereka.

Kapolres Flotim, AKBP Drs. Muhammad Syamsul Huda, didampingi Kasat Reskrim, Iptu K Panti Daus, menyampaikan hal itu kepada Pos Kupang di Larantuka, Kamis (11/9/2008). Keduanya menjelaskan, kasus kekerasan dalam rumah tangga telah dicurigai aparat Polres Flotim sejak mayat Ny. Regina ditemukan, Kamis (4/9/2008) sekitar pukul 15.00 Wita.

"Ciri khusus korban mati gantung diri, antara lain lidah korban menjulur keluar dari mulutnya. Ada bekas tali melingkar/melukai leher korban. Juga posisi pusar tali yang terikat pada leher korban harus berada pada posisi leher bagian belakang/dekat kepala bagian belakang. Dan, daerah sekitar ruangan tempat korban gantung diri terdapat banyak bekas akibat korban memberontak menjelang kematiannya. Tetapi ciri-ciri ini tidak ditemukan pada korban maupun di tempat kejadian perkara (TKP). Bahkan ditemukan luka memar bekas cekikan jari tangan di daerah sekitar tenggorokan dekat rahang bawa korban," kata Daus.

Karena itu, jelas Daus, Polres Flotim serius menyelidiki kasus itu. "Ternyata, setelah diperiksa pada Selasa (9/9/2008), pelaku Yoseph menceritakan sendiri kalau dirinya telah menganiaya istrinya sampai tewas lalu menggantungnya dengan tali di bubungan dapur mereka," kata Daus.

Yoseph langsung diamankan di kamar tahanan Mapolres Flotim sejak Senin (8/9/2008) sebagai tersangka pembunuhan Ny. Regina, istri ketiganya yang dinikahinya pada 1 Januari 2008.

Mengenai faktor pemicu Yoseph tega menganiaya istrinya hingga tewas, Daus mengatakan, pelaku belum mengakui secara jujur. Namun, menurut pelaku, dirinya melakukan hal itu hanya karena emosi terhadap istrinya yang telah dinikahinya sejak 1 Januari 2008, tetapi belum juga hamil atau dikaruniai keturunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com