Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumatera Diharapkan Terhubung dengan Rel KA

Kompas.com - 11/09/2008, 12:44 WIB

PADANG, KAMIS-Kebutuhan transportasi di Pulau Sumatera mendorong Departemen Perhubungan untuk merancang keterhubungan rel kereta api di seluruh Pulau Sumatera. Rencana ini baru bisa terealisasi untuk jangka waktu yang panjang karena banyak prasarana dan sarana yang masih perlu diperbaiki.

Direktur Keselamtan dan Teknik Sarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian Departemen Perhubungan, Asril Syafei, Kamis (11/9), mengatakan jaringan rel kereta api yang menghubungkan seluruh daerah di Pulau Sumatera ini sudah dikemas dalam suatu rencana jangka panjang bernama Transsumatera Railway.

Pemerintah mendorong kereta sebagai sarana transportasi yang paling cocok karena sifatnya yang masal, tarif murah, serta tidak menambah beban jalan yang sudah padat. Ini yang menyebabkan tiap-tiap daerah harus memacu agar dikembangkan kereta api. "Kereta bisa menjadi tulang punggung. Di luar negeri, transportasi berbasis kereta sudah biasa," tutur Asril.

Dia mengatakan, untuk tahap awal, setiap daerah perlu membenahi prasarana kereta api yang ada seperti jembatan, bantalan rel, serta besi rel. Perbaikan masih didorong untuk dikerjakan oleh tiap-tiap provinsi. (ART)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com