Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Jamin Industri yang Beroperasi Tidak Terkena Pemadaman

Kompas.com - 05/09/2008, 01:04 WIB

SEMARANG, JUMAT - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menjamin industri yang sedang beroperasi dalam bulan Ramadhan ini karena mengejar target produksi tidak akan terkena pemadaman.

Demikain disampaikan Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jateng dan DIY Sri Nugroho Adywibowo, di Kota Semarang, Kamis (4/9). Pemadaman hanya akan dilakukan bagi perusahaan yang mencana ngkan libur bersama atau yang tidak beroperasi, ujar Nugroho.

Namun, lanjut Nugroho, tidak adanya pemadaman bagi perusahaan yang beroperasi dapat terus berlangsung apabila tidak terjadi penurunan daya lagi dari pembangkit listrik di sistem jaringan Jawa-Bali.

Hingga kini, Nugroho meyakinkan, cadangan listrik yang dimiliki PT PLN dalam kondisi siaga namun belum memerlukan pengurangan beban. Artinya, walaupun terus ada fluktuasi penyimpanan cadangan, namun PT PLN masih mengusahakan menyimpan cadangan listr ik di atas 600 Megawatt.

Kendati demikian, Nugroho mengakui, masih terjadi penurunan daya di sistem jaringan Jawa-Bali. Sebagai gambaran, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap Unit I dan II yang dalam keadaan normal menghasilkan daya 300 Megawatt te rnyata hanya mampu menghasikan 185 Megawatt dan 280 Megawatt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com