Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Gencarkan Sosialisasi KB

Kompas.com - 25/08/2008, 22:36 WIB

SAMARINDA, SENIN- Komando Distrik Militer (Kodim) 0901 Samarinda, Kalimantan Timur, saat ini tengah menggencarkan sosialisasi Keluarga Berencana (KB) melalui TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK). Komandan Kodim 0901 Samarinda, Letkol Infantri Arie Subekti di Samarinda, Senin (25/8), mengungkapkan, sebagai alat negara TNI juga berperan untuk menyukseskan program KB.

"Program TMKK sebagai kegiatan strategis TNI untuk memberikan pelayanan kesehatan termasuk pelayanan KB gratis kepada masyarakat, sehingga diharapkan dapat menekan jumlah pertumbuhan penduduk tiap tahun dan menekan angka kematian ibu dan anak," Arie Subekti kepada wartawan.

Program TMKK ke-22 tahun 2008 ini, kata Dandim Samarinda, merupakan bagian dari metode Bhakti TNI yang dilaksanakan Kodim 0901 Samarinda pencanangannya dilaksanakan mulai 1 Juli hingga 30 September 2008. "Kegiatan itu dilaksanakan atas kerja sama Dinas Catatan Sipil dan Penduduk (Capilduk) dan KB Samarinda serta Kantor BKKBN Kaltim dan masyarakat," katanya.

Selain penyuluhan, TMKK juga menggelar kegiatan bersifat fisik yakni pelayanan kesehatan terutama di bidang KB yang dilaksanakan di setiap Koramil di Samarinda serta semua puskesmas yang berada di wilayah Kodim 0901 Samarinda.

"Jadi, semua masyarakat merasakan pelayanan kesehatan dan mendapatkan sosialisasi KB sebab program TMKK kami gelar di setiap Koramil dan puskesmas di Samarinda," imbuhnya. 

Program TMKK juga menggelar kegiatan non-fisik berupa penyuluhan kesehatan dan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan di setiap sekolah tingkat SLTA Kota Samarinda. "Penyegaran wawasan kebangsaan kepada siswa/siswi SMA diberikan untuk menumbuhkan dan mengokohkan kembali nasionalisme di kalangan generasi muda," katanya.

Kepala Dinas Capilduk dan KB Kota Samarinda, Drs Muhadi, mengucapkan terima kasih kepada TNI yang menggandeng Pemkot dalam program TMKK untuk menjaga kualitas kesehatan masyarakat.

"Program ini intinya, menjalin kebersamaan antar-unsur TNI, Pemerintah, Swasta dan dukungan masyarakat untuk memberi perhatian dan jalan keluar masalah masyarakat terkait dengan KB, Kesehatan serta bidang kesejahteraan keluarga lainnya," kata Muhadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com