Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Dubes Hadiri Festival Krakatau XVIII

Kompas.com - 22/08/2008, 10:43 WIB

BANDARLAMPUNG, JUMAT - Sebanyak 18 duta besar (dubes) negara sahabat menyatakan siap menghadiri Festival Krakatau (FK) XVIII tahun 2008 di Provinsi Lampung, 23-31 Agustus 2008 mendatang.
    
"Duta besar yang sudah menyatakan kesiapan hadir mengikuti FK ke-18 itu sebanyak 18 orang, kemudian masih ada lagi dua wakil dubes, serta satu jurnalis dari Rusia, sebagai festival pariwisata tahunan provinsi Lampung ini," kata Humas FK tahun 2008, Fajar Isnawan, di  Bandarlampung, Jumat.
    
Dia menjelaskan, para dubes yang siap hadir itu adalah dari Argentina, Kroasia, Peru, Ekuador, Kroasia, Malaysia, Laos, Thailand, Turki, Spanyol, Hongaria, Rumania, Palestina, Rusia, Singapura, Suriname, Belanda, Yunani, Bosnia, dan Polandia.
    
FK ke-18 itu merupakan bagian dari kegiatan Visit Indonesia Year’s 2008, sehingga pelaksanaannya juga mengundang berbagai pihak, guna menginformasikan dan mempublikasikan calendar event tahunan tersebut ke berbagai belahan dunia.
    
"Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu direncanakan akan membuka FK ke-18, di PKOR Way Halim, Bandarlampung, Sabtu, 23 Agustus 2008, dan rencananya dihadiri pula Staf Ahli Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Bindang Ekonomi dan Iptek, Titin Sukarya," kata dia lagi.
    
Malam setelah pembukaan, akan diadakan jamuan makan malam, sekaligus penandatanganan kontrak kerjasama antara pihak penjual dan pembeli di bidang kepariwisataan di Lampung.
    
"Pembelinya para tour operator baik dari dalam maupun luar negeri, sedangkan penjualnya adalah pelaku pariwisata di Lampung, seperti PHRI, resort, dan lainnya. Ini juga untuk menyongsong Tahun kunjungan Wisata Lampung 2009," kata dia.
    
Sedangkan tur krakatau akan dilaksanakan pada Minggu (24/8), berangkat dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menggunakan kapal feri (kapal Ro-Ro), dan seluruh perwakilan negara sahabat dijadwalkan ikut menyaksikan pesona alami Anak Gunung Krakatau di Selat Sunda yang secara geografis masuk dalam wilayah cagar alam laut di Kabupaten Lampung Selatan, dan termasuk salah satu gunung api di laut yang terus aktif itu.
    
Atraksi gajah jinak dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Way Kambas di Lampung Timur juga siap ditampilkan pada event tersebut, sebagai salah satu daya tarik khas Lampung. Meskipun maskot Visit Lampung Year’s 2009 adalah badak, namun hewan berbelalai panjang tersebut tak bisa lagi dilepaskan sebagai salah satu ciri daerah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com