Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapat Pleno Penghitungan Suara Pilkada Mimika Belum Juga Dimulai

Kompas.com - 03/06/2008, 09:00 WIB

Laporan wartawan Kompas Aryo Wisanggeni G

TIMIKA, SELASA - Rapat pleno penghitungan rekapitulasi perolehan suara Pilkada Mimika pada Selasa (3/6) hingga pukul 10.38 WIT belum juga dimulai. Rapat yang seharusnya dimulai jam 09.00 WIT itu belum dimulai karena sejumlah saksi belum hadir.

Rapat pada Selasa pagi merupakan kelanjutan rapat penghitungan suara yang dihentikan Senin (2/6) malam. Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Mimika menghentikan rapat pleno penghitungan rekapitulasi perolehan suara Pilkada Mimika pada Senin (2/6) petang.

Penghitungan dihentikan tanpa keputusan setelah rapat pleno penghitungan rekapitulasi suara Pilkada Kabupaten Mimika pada Senin (2/6) diskor tiga kali karena kontroversi hasil perolehan suara di Distrik Mimika Baru.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika memutuskan mengambil alih masalah rekapitulasi suara di Distrik Mimika Baru. "(Persoalan) Distrik Mimika Baru diambil alih oleh KPUD Kabupaten Mimika. Dan rapat pleno malam ini diskor sampai Selasa," kata Ketua KPUD Mimika Yosephina Anna Balla saat menghentikan rapat Senin malam.

Rapat Senin terpaksa diskor tiga kali karena para saksi memperdebatkan rekapitulasi perolehan suara Distrik Mimika Baru. Saksi pasangan Yopie Kilangin - Yohanes Felix Eliyanan (pasangan nomor urut 4) menyatakan rekapitulasi yang dilaporkan berbeda dari hasil rapat pleno Panitia Pemilihan Distrik Mimika Baru pada 22 Mei lalu.

"Pasangan nomor urut 1 memperoleh 4.375 suara. Nomor urut 2 memperoleh 9.514 suara. Nomor urut 3 memperoleh 21.787 suara. Nomor urut 4 memperoleh 17.171 suara. Kenapa yang dilaporkan hari ini berubah?" kata saksi pasangan nomor urut 4, Matias Resmol.

Ketua Panitia Pemilihan Distrik Mimika Baru, Yonas Reweriza, menyatakan perubahan rekapitulasi perolehan suara berubah karena ada kesalahan pengetikan dalam rekapitulasi yang disusun 22 Mei. Reweriza menyatakan hasil yang betul pasangan nomor urut 1, Yan Anton Yoteni - Pdt Paulus Pakage, meraih 4.409 suara, sementara pasangan nomor urut 2, Hans Magal - Sutoyo meraih 9.694 suara.

"Pasangan nomor urut 3, Klemen Tinal - Abdul Muis meraih 22.412 suara, sementara pasangan nomor urut 4, Yopie Kilangin - Yohanes Felix Eliyanan meraih 16.620 suara," kata Reweriza saat melaporkan rekapitulasi perolehan suara di Distrik Mimika Baru.

Distrik Mimika Baru adalah satu dari 12 distrik yang ada di Kabupaten Mimika, dengan jumlah pemilih 74.222 pemilih. Hasil pemungutan suara di Distrik Mimika Baru sangat menentukan hasil akhir Pilkada Kabupaten Mimika, karena 61,8 persen dari total 120.090 pemilih berada di Distrik Mimika.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com