Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaimana Kembangkan 1 Juta Pohon Pala

Kompas.com - 13/04/2008, 14:28 WIB

KAIMANA, MINGGU - Di Kota Senja Kaimana Papua Barat kini sedang digalakkan penanaman satu juta bibit pala sebagai persiapan menjadikan komoditas ekspor ini sebagai andalan bagi kabupaten yang baru berusia lima tahun itu. Pencanangan dilakukan Bupati Kaimana Hasan Achmad sejak tahun 2007 dengan mempersiapkan 100.000 bibit.

Luis Umberi, Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kaimana mengatakan penanaman bibit dilakukan di tujuh distrik yang terdapat di Kaimana. Ia mengatakan program satu juta pohon ini paling lama terealisasi 2017. Selain penanaman baru, bibit juga disediakan untuk mengganti pohon pala yang telah rusak, ujar Luis.

Ia memperkirakan bibit ini dapat mulai menghasilkan buah sekitar delapan tahun mendatang. Setiap 10 pohon ditargetkan mampu menghasilkan 5-6 ton buah pala. Ia mengatakan selama ini pala hasil garapan petani Kaimana diterima penadah dan pedagang yang mengirimkannya ke Surabaya dan daerah-daerah lain. Harga isi pala Rp 18.000 per kilogram dan buah Rp 35.000 per kilogram.

Buah pala di Kaimana seperti halnya di kabupaten induk Fakfak berbuah setahun dua kali yaitu sekitar bulan April dan Desember. Karena bertepatan dengan musim di lautan, musim angin barat dan angin timur, buah yang matang bulan April biasa disebut Pala Barat dan di bulan Desember disebut Pala Timur.

Menurut data Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kaimana, produksi rata-rata per tahun komoditas tanaman perkebunan pala sebanyak 324.443 ton. Hasil ini ingin terus digenjot untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com