Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkut BBM, Kapal tak Bernakhoda Ditangkap di Balikpapan

Kompas.com - 20/02/2008, 12:07 WIB

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Joni Kusworo
BALIKPAPAN, TRIBUN -
TNI AL telah menangkap dan mengamankan sebuah kapal jenis tug boat yang diduga tidak bernakhoda. Kapal yang mengangkut bahan bakar minyak (BBM) dari Balikpapan menuju Samarinda itu berhasil diamankan kapal perang KRI Hiu saat berpatroli di perairan Manggar  Balikpapan, Sabtu (16/2) sekitar pukul 18.30 Wita.


Kendati dokumen dan kelengkapan surat-surat kapal itu lengkap, namun kapal tug boat Marine-01 dan Tongkang Serine-02 itu didak bernakhoda. Sehingga hanya dikemudikan oleh anak buah kapal (ABK).

"Kalau tidak ada nakhodanya ya kita tangkap, karena itu sangat membahayakan pelayaran. Bagaimana kalau misalnya terjadi apa-apa seperti kecelakaan atau tenggelam di tengah laut. Makanya harus ada nakhoda yang memiliki keahlian untuk mengemudikan kapal," kata Koamandan Lanal Balikpapan Letkol Laut (P) Ahmadi Heri Purwono, usai mendampingi Laksamana Pertama TNI Daro Jatim saat akan meninjau pasukan TNI di peraiaran Ambalat, Rabu (20/2).

Menurut Heri, pelanggaran seperti itu memang terlihat cukup sepele, namun resikonya cukup besar. Dan selama ini di peraiaran Balikpapan cukup banyak kapal yang beroperasi yang tidak dikemudikan oleh nakhoda yang sah. Hal itu jelas melanggar pasal 57 ayat 1 junto pasal 115 ayat 1, Undang-undang  Nomor 21 tahun 1992 tentang Pelayaran.

Bila memang terbukti bersalah, palaku bisa dikenai hukuman maksimal 5 tahun 6 bulan penjara. "Selama saya menjabat disini saja sudah terjadi sampai 9 hingga 10 kasus kapal yang tidak dinakhodai oleh nakhoda. Dan ini akan kami tindak tegas, karena bisa berakibat fatal," ujar Heri.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com