Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Adipura, Pemkot Ambon Gelar Syukuran

Kompas.com - 12/06/2013, 18:21 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Ambon menggelar syukuran di kawasan Pattimura Park, Rabu (12/6/2013) sore, setelah Kota Ambon berhasil mendapatkan penghargaan Adipura sebagai salah satu kota bersih di Indonesia.

Syukuran ini dihadiri Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, para pejabat Pemerintah Kota Ambon, tokoh masyarakat serta ratusan petugas kebersihan sekota Ambon.

Penghargaan Adipura ini diberikan kepada Kota Ambon atas keberhasilan menggalakkan kebersihan di Ambon selama ini. Richard dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan Kota Ambon memperoleh penghargaan Adipura tidak terlepas dari kerja keras Pemkot Ambon.

Selain itu, tak lepas pula dari tingginya kesadaran warga kota akan pentingnya kebersihan lingkungan yang terus membaik.

Menurut Richard, penghargaan tersebut resmi diberikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta karena Kota Ambon dinilai bersih, dan memenuhi persyaratan untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

"Presiden Susilo Bambang Yudoyono memberikan penghargaan ini kepada saya pada 10 Juni dua hari lalu," kata Richard.

Richard menjelaskan, tropi Adipura sebelumnya pernah disabet Kota Ambon selama beberapa kali, namun dalam kurun waktu 17 tahun terakhir Kota Ambon baru mendapatkannya kembali.

Pertama kali Kota Ambon mendapatkan tropi Adipura pada tahun 1988 setelah itu Kota Ambon kembali mendapatkan tropi Adipura sejak tahun 1991 sampai tahun 1994. "Tahun 1995 Kota Ambon hanya mendapatkan penghargaan sertifikat Adipura dan pada tahun 1996 Ambon kembali mendapatkan tropi Adipura," kata Richard.

Richard mengungkapkan, setelah mendapatkan trofi adipura pada tahun 1996, Kota Ambon tidak pernah lagi mendapatkan penghargaan tersebut hingga tahun 2011. Penghargaan baru didapat Kota Ambon pada tahun 2012, namun hanya berupa sertifikat adipura.

"Selama 17 tahun Ambon tidak pernah mendapatkan tropi adipura dan saat ini kita mendapatkannya kembali," ujar Richard.

Dia pun mengajak kepada seluruh warga Kota Ambon agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sehingga predikat dan trofi adipura dapat kembali diraih Kota Ambon pada tahun-tahun mendatang. "Kepada warga Kota Ambon mari kita menjaga kebersihan kota ini, selaku pimpinan Kota saya juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Ambon atas kesadarannya terhadap kebersihan kota ini," ungkap Richard. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com