Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, TPS di Bengkel Las, "Nyoblos" di Bak Truk

Kompas.com - 26/05/2013, 12:21 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Sebagai bagian dari upaya menarik minat warga agar menggunakan hak pilih dalam pemilihan gubernur Jawa tengah yang saat ini tengah berlangsung, panitia pemungutan suara di Kampung Dukuhan, Kelurahan Kadipiro, Banjarsari, Solo, membuat TPS di bengkel las.

Lengkap dengan seragam layaknya pekerja bengkel las, para panitia dengan ramah melayani warga yang hendak mencoblos. TPS tersebut sudah dibuka sejak pukul 8 pagi tadi.

Terlihat salah satu panitia menggunakan masker, peredam suara, dan kacamata las. Bilik suara pertama dan kedua pun ditempatkan di bak truk dan mobil wagon yang tengah dalam proses perbaikan.

"Idenya agar menarik minat warga untuk datang ke TPS dan kita buat seunik mungkin dan hasilnya sejak pagi banyak warga yang datang ke TPS," kata Sukamto, Ketua PPS 85.

Menurut Sukamto, persiapan pembangunan TPS dilakukan sekitar dua minggu sebelum pemilihan. "Kebetulan bengkelnya milik saya, jadi untuk hari ini kegiatan perbengkelan kita hentikan dan kita desain sedemikian layaknya di bengkel las," katanya.

Di bilik suara satu, panitia menyediakan petugas untuk membantu manula yang mau mencoblos karena warga harus naik ke bak truk. "Unik Mas dan seragamnya saja seperti layaknya seperti berada di bengkel," kata Deny, salah satu warga.

Kasubaghumas Polresta Surakarta AKP Sis Raniwati mengatakan total keseluruhan petugas keamanan yang bertugas mengamankan pilgub Jateng saat ini 860 personel. "Sekitar 860 personel gabungan TNI dan Polri disiapkan untuk mengamankan pemilihan gubernur Jawa Tengah dan disiapkan di beberapa titik rawan," katanya.

Selain itu, petugas juga akan melakukan patroli keliling dari TPS ke TPS. "Untuk mengantisipasi pergerakan menjelang penghitungan suara, petugas akan melakukan patroli dari TPS ke TPS," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com