Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarik Minat Warga, TPS Ini Sediakan "Doorprize"

Kompas.com - 26/05/2013, 09:45 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com — Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Minggu (26/5/2013) hari ini dimulai. Untuk menarik minat masyarakat agar menggunakan hak pilihnya, panitia Tempat Pemungutan Suara (TPS) VI di Desa Protomulyo, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, menyediakan doorprize bagi warga.

Jumlah doorprize itu ada 49 macam. Mulai dari ceret, sapu, hingga uang. Menurut ketua Panitia Pemungutan Suara Desa Protomulyo, Fatkhurohman, ide memberi doorprize berasal dari petugas TPS sendiri. Mereka secara sukarela memberi iuran dan mencari donator. "Kami sangat bangga dengan mereka. Sebab terbukti dengan adanya doorprize itu, banyak masyarakat yang datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya," kata Fatkhurohman.

Fatkhurohman menjelaskan, dengan adanya doorprize, terlihat TPS 6 lebih banyak dipadati pemilih, kalau dibandingkan dengan TPS-TPS lain. Padahal doorprize tersebut harganya tidak seberapa. Mulai dari Rp 5.000, hingga paling mahal Rp 15.000. "Kupon doorprize-nya, diambil setelah mereka mencoblos dan memasukkan jari kelingking kirinya ke tinta," kata dia.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kaliwungu Selatan Dodit mengaku, berdasarkan pantauan yang dilakukan Panwas, TPS 6 di Desa Protomulyo, paling banyak didatangi oleh pemilih. Hal itu sangat positif, sepanjang tidak ada maksud-maksud tertentu. "Kalau dananya didapat dari salah satu tim sukses calon, supaya masyarakat memilih calon tersebut, itu sebuah pelanggaran. Tapi sebatas pantauan kami, untuk sementara masih murni dan tidak ada maksud-maksud tertentu," kata Dodit.

Dodit menambahkan, masyarakat yang menggunakan hak pilihnya di TPS 6 Desa protomulyo Kaliwungu Selatan ada 562 pemilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com