Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati: Waspada "Serangan Fajar" Jelang Pencoblosan

Kompas.com - 21/05/2013, 22:04 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarno Putri mengimbau kepada seluruh kader PDI-P di Kabupaten Magelang agar siaga dan waspada terhadap praktik money politic menjelang perhelatan pemilihan gubernur Jawa Tengah.

Hal tersebut ditegaskan Mega di hadapan ribuan simpatisan PDI-P dalam kampanye akbar calon gubernur dan wakil gubernur Ganjar Pranowo - Heru Sudjatmoko di Gedung Olahraga Armada Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Selasa (21/5/2013).

Menurut Mega, detik-detik menjelang pencoblosan 26 Mei 2013 mendatang adalah saat yang rawan aksi "serangan fajar" dari kubu pasangan cagub lainnya. Oleh sebab itu, Mega meminta agar para kader dan simpatisan PDI-P untuk tidak tegiur politik uang.

"Saat-saat seperti ini, sudah banyak terjadi serangan fajar, maka saya minta seluruh kader PDI-P untuk hati-hati dan waspada, jangan mudah tergiur dengan uang yang diberikan paslon lain," tegas mantan Presiden RI kelima itu.

Pada kesempatan itu, Mega meminta kepada para kader untuk tetap solid, bergotong-royong, dan bahu-membahu untuk membuat sebuah gerakan.

"Jika masih goyang (bimbang) lebih baik keluar dari PDI-P. Memang kalau tidak dipilih biasanya pada mutung dan bersikap pragmatis. Maka, sudah tepat jika pasangan Ganjar-Heru menjadi Gubernur Jateng karena mereka kader PDI-P asli," paparnya.

Sementara itu, Puan Maharani mengaku sangat optimistis paslon yang dijagokan itu akan memenangi pilgub Jateng. Hal itu mengingat bahwa Jateng adalah basis massa partai berlambang kepala banteng itu.

"Saya sebagai jenderal perang dalam pilgub Jateng yakin bahwa Ganjar-Heru akan menang. Sebab, di Jateng perjuangan saya dibantu oleh keluarga besar PDI-P. Jika menang, maka kita akan teruskan perjuangan Soekarno," ujarnya.

Selain Megawati dan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani tampak hadir pula Ketua DPD PDI-P DIY Idham Samawi, Ketua DPC PDI-P Kabupaten Magelang Singgih Sanyoto, serta pelawak Srimulat Tesi, Doyok, dan Kadir. Para pelawak itu pun menyempatkan diri berorasi mendukung paslon Ganjar-Heru.

"Srimulat saja dukung Ganjar-Heru, apalagi rakyat," ujar Doyok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com