Sabtu, 20 Desember 2014

News / Regional

Pilwali Malang

Istri Wali Kota Malang Bersaing dengan Lima Calon

Minggu, 19 Mei 2013 | 19:30 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Mulai Senin (20/5/2013) pemilihan kepala daerah Kota Malang, Jawa Timur, memasuki masa tenang sebelum dilakukan pencoblosan pada Kamis (23/5/2013). Masa kampanye calon peserta pilkada akan diakhiri dengan debat terbuka di Hotel Gajah Mada, Malang, Minggu malam.

Pilkada Kota Malang diikuti enam pasang calon wali kota dan wakil wali kota, salah satunya Heri Pudji Utami yang berpasangan dengan Sofyan Edi J. Heri Pudji Utami adalah istri Wali Kota Malang saat ini Peni Suparto. Pasangan ini mendapat dukungan 16 partai, 2 di antaranya Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional.  

Adapun lima pasang calon lain adalah Sri Rahayu-Priyatmoko Oetomo yang didukung 3 partai, salah satunya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan; Agus Dono Wibawanto -Arif HS yang didukung 4 partai, di antaranya Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera; dan Moch Anton-Sutiaji yang didukung 2 partai yakni Partai Kebangkitan Bangsa dan Gerindra. Sedang pasangan Dwi Cahyono-Nuruddin dan Mujais-Yunar Mulya datang dari jalur perseorangan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Malang Hendry ST menuturkan, dari sisi teknis penyelenggaraan pilkada telah siap 100 persen. Kertas suara beserta kelengkapan pilkada lainnya saat ini sudah berada di kecamatan dan tinggal mendistribusikan ke kelurahan pada 22 Mei besok.

Jumlah daftar pemilih tetap pilkada Kota Malang mencapai 612.568 pemilih yang akan memberikan suara di 1.202 tempat pemungutan suara. " Secara teknis semua sudah lengkap. Semua logistik sudah di kecamatan dan saat ini tengah dilakukan pengemasan," ucapnya.

Menurut Hendry pihaknya berharap tingkat partisipasi masyarakat bisa optimal. Namun melihat tingkat mobilitas masyarakat Malang yang banyak bepergian keluar daerah dengan alasan kerja dan keperluan lain, maka setidaknya 85 persen pemilih diharapkan bisa menyalurkan haknya.

 

 


Penulis: Defri Werdiono
Editor : Rusdi Amral