Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Promosikan Film ''Sang Kyai''

Kompas.com - 18/05/2013, 18:46 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mempromosikan film ''Sang Kyai'' kepada kalangan pelajar dan mahasiswa di Surabaya, Sabtu (18/5/2013). Film yang disutradai Rako Prijanto itu dinilai memiliki prinsip perjuangan yang sama dengan prinsip perjuangan PKB.

Promosi itu dibungkus dengan diskusi terbuka menghadirkan sutradara film, dan sejumlah aktor seperti Agus Kuncoro, Christine Hakim, dan Ikranegara. Juga hadir dalam forum itu, Sekjen PKB, Imam Nahrawi, dan cagub Jatim yang diusung PKB, Khofifah Indar Parawansa.

Ketua Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa (Garda Bangsa) Jatim, Zaini Nasiruddin mengatakan, film Sang Kyai menggambarkan peran penting ulama di bawah bendera Nahdatul Ulama yang turut berpartisipasi menegakkan NKRI. ''Film ini akan banyak menginspirasi kaum muda khususnya pelajar untuk ikut menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar,'' ujarnya Sabtu (18/5/2013).

Sementara itu PKB sebagai partai yang lahir dari lingkungan Nahdatul Ulama, kata dia, memiliki kepentingan untuk melestarikan perjuangan ulama. ''Namun arahnya berbeda. Jika dulu berorientasi pada perjuangan fisik, saat ini lebih pada perjuangan penegakkan prinsip kenegaraan dan kebangsaan sesuai Pancasila,'' ujarnya.

Film Sang Kyai berkisah tentang perjalanan hidup pendiri NU, KH Hasyim Asyari yang juga pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang, dalam membangkitkan semangat juang.

Selain digelar di Kampus IAIN Sunan Ampel dan komplek sekolah Islam Khodijah Surabaya, diskusi sebelumnya juga digelar di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan yang dibungkus dalam acara Behind The Scene Sang Kyai ditutup dengan nonton bareng premier Sang Kyai di seluruh jaringan XXI di seluruh Indonesia pada 30 Mei mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com