Selasa, 16 September 2014

News / Regional

Empat Pembunuh Tokoh Agama Sampang Masih Berkeliaran

Selasa, 7 Mei 2013 | 18:40 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Ratusan orang yang mengatasnamakan Forum Masyarakat Peduli Habaib dan Ulama Jatim mendatangi markas Polda Jatim di Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (7/5/2013). Mereka mendesak Polda Jatim segera menangkap pelaku lain pembunuh Habib Alwi Bil Faqih Sampang yang kini diyakini masih berkeliaran.

Keempat nama itu kata isteri korban, Hj Rohmah, adalah Jalal, Samsul, Sayari, dan Muhammad. ''Polisi kami minta tidak hanya menangkap mereka, namun juga membunuh keempatnya, karena bagi kami hutang nyawa, harus dibayar nyawa,'' kata Rohmah.

Massa yang memenuhi area pintu masuk Mapolda Jatim itu tidak hanya datang dari Kabupaten Sampang, namun dari berbagai daerah di Jatim seperti Pamekasan, Bangkalan, Pasuruan, dan Probolinggo. Mereka membawa berbagai spanduk yang berisi desakan agar polisi segera menangkap empat pelaku pembunuhan yang tersisa.

Habib Alwi (55), seorang tokoh agama di Sampang dibunuh oleh sejumlah orang pada akhir Oktober tahun lalu di sebuah kebun di Sampang Madura. Polda Jatim menangkap satu orang pelakunya bernama Matluki, kasusnya kini sudah dilimpahkan ke pengadilan negeri.

Kasus pembunuhan itu bermotif cemburu. Kepada polisi terdakwa mengaku nekat membunuh korban karena korban telah berselingkuh dengan istri dari keponakannya. Dia melakukan ini dengan sadar dan dia tidak terima istri keponakannya selingkuh dengan korban. 


Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Glori K. Wadrianto