Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan Pattimura Dipastikan di Saparua

Kompas.com - 07/05/2013, 14:51 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

   

 

AMBON,KOMPAS.com- Perayaan Hari Pattimura yang diselenggarakan setiap setiap tanggal 15 Mei, dipastikan akan dipusatkan di Pulau Saparua, Maluku Tengah, Maluku.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Hari Pattimura tidak hanya di Saparua tetapi juga di Ambon.

"Dipusatkan di Saparua untuk lebih mengangkat pariwisata di Saparua sekaligus agar masyarakat Saparua bangga karena Pattimura lahir di Saparua," ujar Sekretaris Daerah Maluku Ros Far Far usai rapat membahas persiapan perayaan Hari Pattimura, di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Selasa (7/5/2013).

Dia membantah dipusatkannya perayaan Hari Pattimura di Saparua karena tahun lalu saat perayaan serupa digelar di Saparua dan di Ambon, justru memicu bentrokan antar warga di Ambon.

Bentrokan terjadi saat iring-iringan obor Pattimura yang dibawa dari Saparua ke Taman Pattimura, di Ambon.

Kepala Kepolisian Resor Ambon Ajun Komisaris Besar Suharwiyono mengatakan pihaknya siap mengamankan pelaksanaan Hari Pattimura di Saparua.

Adanya bentrokan antar desa yang masih kerap terjadi di Saparua, polisi akan berupaya untuk mencegahnya terjadi saat perayaan Hari Pattimura tersebut.

Jumlah aparat yang diturunkan masih belum bisa ditentukan karena kami masih menunggu susunan acara dan lokasi pelaksanaan kegiatan, tambahnya.

Rencananya besok (8/5), rapat akan kembali digelar untuk menetapkan susunan acara dan lokasi pelaksanaan acara.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com