Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rem Blong 50 Meter Sebelum Menabrak

Kompas.com - 03/05/2013, 16:01 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa,
Amanda Putri Nugrahanti

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com — Rem bus Nugroho berpelat nomor H 1574 AG jurusan Pudakpayung-Penggaron, yang menabrak empat mobil dan 10 sepeda motor, mulai blong sekitar 50 meter sebelum menabrak dan akhirnya berhenti.

Sari (34), salah seorang penumpang bus, mengatakan, bus pada awalnya berjalan normal.

Bahkan turunan Gombel yang juga terjal dapat dilalui tanpa masalah. Memasuki kawasan Tanah Putih, tepat di depan wihara, bus mulai berjalan tak terkendali.

"Saya kira sopir ugal-ugalan. Ternyata remnya blong. Kami (penumpang) semua berteriak-teriak. Bus kemudian menabrak mobil, motor, dan berhenti di bawah baliho. Ada mobil yang terjepit mobil," kata Sari yang mengalami luka ringan.

Para korban dalam kecelakaan itu dilarikan ke RS Roemani dan RS dr Kariadi. Dua dari tiga orang yang tewas adalah Eko Budiarto (35), warga Kebonagung, yang mengendarai sepeda motor, dan Agus Sulistyo, warga Ganesha Mukti, yang mengendarai sedan merah.

Adik dari Eko, Diah (25), mengatakan, kakaknya baru pulang dari tempat kerja di Banyumanik menuju kediamannya di Genuk, Semarang.

Kepala Polrestabes Semarang Komisaris Besar Elan Subilan mengatakan, pihaknya belum dapat menyimpulkan penyebab rem blong pada bus, apakah karena kondisi mesin yang tidak laik jalan atau mesin mati (rusak) pada saat kejadian. "Kita akan dalami. Sementara sopir bus sedang dalam pemeriksaan," kata Elan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com