Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponton Tersapu Banjir, 400 KK Luwu Utara Terisolasi

Kompas.com - 02/05/2013, 16:45 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

LUWU UTARA, KOMPAS.com - Empat ratus kepala keluarga (KK) di Desa Lembang Lembang, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, terisolasi, setelah ponton penyeberangan yang biasa mereka gunakan terseret arus air.

Ponton itu merupakan satu-satunya alat transportasi untuk menyeberangi sungai menuju desa tetangga. Akibat kejadian itu, aktivitas warga pun lumpuh. Sebab pasar, puskesmas, dan sebagainya terletak di desa tetangga, yakni Desa Beringin Jaya, yang hanya bisa ditempuh dengan menggunakan ponton tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara, Andi Eviana, mengungkapkan, saat ini pihaknya masih meninjau lokasi. "Selain Desa Lembang Lembang, yang terisolasi, juga Desa Limbong Wara dan Kecamatan Malangke, yang hingga saat ini masih dilanda banjir," ungkap Eviana, Kamis (2/5/2013).

Evi menambahkan jika pihaknya kesulitan menyalurkan bantuan ke daerah terisolir karena tidak ada transportasi penyeberangan di Sungai Rongkong Akibat ponton hanyut terbawa arus. Hal ini juga dikarenakan perahu karet yang ada dalam kondisi rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com