Jumat, 28 November 2014

News / Regional

Pedagang Pasar Kencong Gelar Doa Bersama

Rabu, 1 Mei 2013 | 17:54 WIB

JEMBER, KOMPAS.com- Sejumlah pedagang yang menempati pasar penampungan di Kencong, Jember, Jawa Timur, Rabu (1/5/2013), menggelar doa bersama atau istighosah. Doa bersama itu bertujuan supaya pemerintah daerah memperhatikan nasib pedagang setelah pasarnya terbakar tujuh tahun lalu.

"Inti dari doa bersama ini kami ingin tetap dibangunkan di lokasi pasar yang lama," kata Moh Sholeh, koordintaor pedagang pasar Kencong. Mereka menolak menempati pasar yang dibangun oleh investor, dan minta agar pemda membangun pasar untuk warga.

Doa bersama yang diikuti ratusan pedagang itu membuat jalan raya di Kencong yang menghubungkan antara Jember Lumajang lewat jalur selatan macet. Usai doa bersama, ratusan pedagang mengusung keranda dari pasar penampungan ke bekas pasar yang terbakar dan kini jadi taman bermain.

Sumiati, pedagang di pasar itu didaulat untuk menjadi penceramah dan menyerukan para pedagang agar terus berjuang. Sudah tujuh tahun pedagang berjualan di pasar penampungan yang tak layak dihuni. "Selain berdoa, kita juga berjuang lewat gugatan class action di Pengadilan Negeri jember," kata Sholeh.


Penulis: Syamsul Hadi
Editor : Marcus Suprihadi