Rabu, 24 September 2014

News / Regional

Presiden ke Probolinggo Hanya Kunjungi Bromo

Rabu, 1 Mei 2013 | 17:14 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.com — Segala persiapan yang dilakukan Pemkab Probolinggo, Jawa Timur, untuk menyambut kedatangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono, sepertinya sia-sia. Sebab, dari sejumlah rencana kegiatan yang akan dilakukan Presiden di Kabupaten Probolinggo, hanya satu yang terlaksana, yakni berwisata ke Gunung Bromo.

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari menegaskan, sebelumnya Presiden SBY direncanakan akan mengikuti sejumlah kegiatan pada 3 Mei setelah datang dari Situbondo, di antaranya mengunjungi PAUD binaan TP PKK, dialog informal dengan petani, dan mengunjungi pameran Dekranasda di Alun-alun Kota Probolinggo.

"Pak SBY sekarang memang suka berdialog informal, mungkin terinspirasi Jokowi. Kami sebelumnya sudah berpikir keras di mana lokasi yang bagus untuk dialog," ujar Tantri lantas tersenyum, Rabu (1/5/2013).

Setelah itu, Tantri menjelaskan, pihaknya sudah melakukan persiapan menyambut kedatangan kepala negara tersebut. Segalanya sudah dikoordinasikan dengan sejumlah pihak agar kegiatan berlangsung sukses. Namun, semuanya dibatalkan.

"Dari informasi yang kami terima, semua kegiatan itu batal dilakukan. Pak Presiden ke Probolinggo hanya untuk melihat Bromo. Selama di Bromo, Presiden akan berdialog dengan pelaku pariwisata dan warga setempat. Lalu beliau ke Penanjakan untuk melihat sunrise. Selanjutnya ke Malang dan pulang ke Jakarta," jelasnya.

Sebelumnya, lanjut Tantri, pendapa Kabupaten Probolinggo hampir tiap hari disurvei oleh sejumlah pihak terkait kunjungan Presiden. Tak hanya itu, kata Tantri, mereka juga memotret kamar dan semua sudut pendapa untuk memastikan keamanan Presiden.

Sebelumnya memang direncanakan Presiden bermalam di pendapa. Menurut Kabag Kominfo HM Santoso beberapa waktu lalu, ada tiga opsi tempat penginapan Presiden, yakni di Lava View, Java Banana, dan pendapa.


Penulis: Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol
Editor : Farid Assifa