Minggu, 26 Oktober 2014

News / Regional

Beasiswa

2.050 Mahasiswa Unand Peroleh Beasiswa Bidikmisi

Senin, 29 April 2013 | 20:47 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak 2.050 mahasiswa Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat, angkatan 2010 hingga 2012 menerima dana beasiswa Bidikmisi.

"Dana tersebut akan ditransfer melalui rekening bank Mandiri pada hari ini juga," kata Rektor Unand, Werry Darta Taifur, di Padang, Senin (29/4/2013).

Dia mengatakan, untuk tahap pertama para mahasiswa dapat mengambil paling banyak separuh dari jumlah uangnya, sementara sisanya dapat diambil setelah tiga bulan kemudian. "Begitu seterusnya pada setiap semester studinya," katanya.

Menurut Werry, proses pengeluaran dana beasiswa mahasiswa Bidikmisi ini mengalami keterlambatan, karena dana beasiswa Bidikmisi termasuk dalam kategori bantuan sosial pendidikan. "Akibatnya dalam prosesnya melalui berbagai tahapan yang memakan waktu yang tidak sebentar," ujarnya.

Meskipun demikian, dia menegaskan bahwa keterlambatan ini bukan kesalahan dari pihak Unand.

Dia meminta para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi ini harus dapat berprestasi, karena setiap semester akan dilakukan evaluasi, terutama hasil pembelajaran mereka.

Selain itu, mahasiswa juga harus ikut dan patuh pada peraturan yang berlaku di Unand. "Jika kedua hal tersebut tidak dapat dilaksanakan dengan baik oleh mahasiswa, dia akan diberi peringatan keras dan kemungkinan besar akan dikeluarkan dari keikutsertaannya dalam bidik misi," katanya.

Sementara itu Bank Mandiri Area Padang melalui perwakilannya, Asta Yuliana, mengatakan bahwa sejak tahun 2012 Bank Mandiri menjadi pengelola dana beasiswa yang dikeluarkan dari Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), baik itu beasiswa BBM, PPA, hingga Bidikmisi, yang semuanya akan dikelola melalui rekening Bank Mandiri.

"Khusus untuk mahasiswa Bidikmisi, rekening yang akan dipakai adalah jenis Tabunganku," katanya.



Sumber: Antara

 


Editor : Agus Mulyadi