Rabu, 24 September 2014

News / Regional

Peringatan Hari Bumi

Walhi Lampung Luncurkan Donasi Peduli Lingkungan

Minggu, 28 April 2013 | 09:14 WIB

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Daerah Lampung yang menjalankan misi kampanye publik peduli lingkungan hidup, segera meluncurkan kotak donasi lingkungan dikemas dalam acara Malam Pentas Peduli Bumi.

Menurut Deputi Direktur Walhi Lampung, Supriyanto, mendampingi Direktur Eksekutif Walhi setempat, Bejoe Dewangga, di Bandar Lampung, Minggu (28/4/2013), Malam Pentas Peduli Bumi itu merupakan rangkaian peringatan Hari Bumi tahun 2013 oleh Walhi Lampung.

Supriyanto menyatakan bahwa saat ini persoalan lingkungan hidup sudah menjadi permasalahan yang sangat kompleks. "Pemanasan global telah menimbulkan dampak perubahan iklim yang saat ini sudah kita rasakan bersama," ujarnya.

Karena itu, menurut dia, perlu sejumlah langkah untuk menghadapi persoalan tersebut, antara lain mitigasi dan adaptasi atas kemungkinan terjadi bencana akibat perubahan iklim dimaksud. Namun, semua itu harus dijalankan secara masif oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dia menegaskan bahwa permasalahan lingkungan hidup telah mendapatkan perhatian besar dari semua negara termasuk Indonesia, terutama sejak dasawarsa tahun 1970-an setelah diadakan Konferensi PBB tentang lingkungan hidup di Swedia pada tahun 1972.

Walhi Lampung, ujar Supriyanto, menilai, tantangan dalam usaha melestarikan dan melindungi lingkungan hidup semakin berat, menyusul adanya berbagai ancaman yang mengakibatkan terjadi degradasi dan penurunan kualitas lingkungan hidup yang semakin mengkhawatirkan.

Ia mengemukakan, pemahaman yang terbatas, kepedulian yang rendah atas lingkungan hidup, kebijakan yang masih berorientasi ekonomi dan investasi merupakan penyebab utama yang telah mengakibatkan adanya kekerasan (destruktif) terhadap lingkungan hidup.

"Perlu adanya dukungan publik dalam mengarusutamakan gerakan perbaikan secara struktural lingkungan hidup dan bumi ini," ujar Supriyanto.

Berkaitan upaya tersebut, Walhi Lampung mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan menghadapi ancaman kerusakan lingkungan, dan membangkitkan kembali semangat kebersamaan dan partisipasi bagi pelestarian lingkungan hidup.

Pentas Malam Peduli Bumi dan Launching Kotak Donasi Peduli Lingkungan Walhi Lampung siap digelar pada Selasa (30/4/2013) pukul 19.30 WIB sampai selesai, di Lapangan Parkir GOR Saburai Enggal Bandar Lampung.

Dalam acara itu, antara lain akan ditampilkan pembacaan puisi lingkungan oleh sastrawan Lampung Edy Samudra Kertagama, pementasan teatrikal budaya oleh komunitas sen,i dan penyampaian testimoni oleh Suprayitno, Ketua Kelompok Sistem Hutan Kerakyatan (SHK) Bina Lestari Pesawaran Lampung, serta atraksi musikalitas dan pemutaran film lingkungan.



Sumber: Antara

 


Editor : Agus Mulyadi