Rabu, 17 September 2014

News / Regional

Komoditas Perkebunan

Pabrik di Bengkulu Beli Sawit Petani Rp 1.100 Per Kg

Rabu, 24 April 2013 | 10:51 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com - Pabrik pengelolaan buah kelapa sawit di Bengkulu pekan ini membeli produksi petani setempat rata-rata Rp 1.100  per kilogram, turun dari sebelumnya Rp 1.290 per kilogram.

"Penurunan itu terjadi karena pengaruh harga minyak mentah (CPO) nasional, sehingga berdampak pada harga beli buah sawit petani," kata Humas PT Palma Mas Sejati Bastomi di Kota Bengkulu, Rabu (24/4/2013).

Biasanya, kata Bastomi, perusahaan itu membeli dengan harga rata-rata di atas Rp 1.200 per kilogram, namun pekan ini turun. "Harga beli buah sawit itu tetap mengacu pada harga nasional, mengingat pembeli minyak mentah kelapa sawit tersebut adalah pengusaha nasional," ujarnya.

Ketua Serikat Tani Kelapa Sawit di Mukomuko, Bengkulu, Chairul Siregar, mengatakan, pembelian buah kelapa sawit petani di daerah itu berkisar Rp 900 - Rp 950 per kg. Sebelumnya mencapai Rp 1.000 per kilogram.

Mestinya pada saat pasokan buah sawit petani menurun sekarang ini, harga beli perusahaan naik sehingga petani bisa memelihara kebunnya dengan baik.

Akibat harga rendah itu, para petani kelapa sawit di Bengkulu mengeluhkan harga jual pada tingkat pedagang pengumpul, yang sebelumnya sempat terjadi kenaikan.

Pekan sebelumnya pedagang pengumpul membeli buah kelapa sawit petani Rp 1.135 per kilogram, namun kembali turun di bawah Rp 1.000. Produksi sawit petani sendiri sekarang sedang berkurang.

Ia menjelaskan, harga beli pabrik untuk buah sawit petani pekan ini Rp 1.090 per kilogram, atau turun dari sebelumnya mencapai Rp 1.135 per kilogram. Sementara harga cangkang kelapa sawit juga turun menjadi Rp 300 dari sebelumnya Rp 310 per kilogram.

Sekarang ada pabrik membeli buah kelapa sawit petani mencapai Rp 1.200, namun ada juga pabrik pengolahan membeli buah sawit petani di bawah itu.

Untuk harga minyak mentah kelapa sawit (crude palm oil/CPO) di daerah itu, pekan ini justru naik menjadi Rp 7.000 dari sebelumnya hanya Rp 6.700 per kilogram. "Dengan harga CPO sebesar itu, sebenarnya pabrik bisa membeli buah sawit petani rata-rata Rp 1.400 per kilogram," kata Chairul.



Sumber: Antara

 


Editor : Agus Mulyadi