Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatihan Pertanian Organik Terpadu untuk Petani

Kompas.com - 19/04/2013, 16:01 WIB
Amanda Putri Nugrahanti

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Yayasan Anugerah Nusa Bangsa (YANB), mengadakan pelatihan pertanian organik terpadu untuk petani di seluruh Indonesia secara gratis. Pertanian terpadu organik mampu menghemat biaya produksi petani hingga 60 persen.

Ketua YANB Nugroho Widiasmadi, yang juga penemu microbacter alfalfa 11 (MA-11), Jumat (19/4/2013) di Kota Semarang, Jawa Tengah, mengatakan, pelatihan itu diselenggarakan atas banyaknya permintaan dari petani di seluruh Indonesia yang ingin menerapkan pertanian organik dengan biaya yang murah.

Dengan menggunakan MA-11, petani dapat membuat pakan dan pupuk sendiri dengan kualitas tinggi, dan menghemat biaya hingga 60 persen. Selain itu, petani juga dapat menghasilkan bio etanol yang dihasilkan dari limbah pertanian.

Pelatihan akan diadakan di YANB yang berlokasi di Jalan Klenteng Sari 1 No. 30 Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai tanggal 1 Mei 2013, dan akan berlangsung setiap minggu selama enam minggu berturut-turut. Materi pelatihan meliputi dasar teknologi pembuatan pakan, konsentrat, serta energi bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com