Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2013, 19:39 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Satu Peleton Tim SAR Sabhara Polda Jatim sore ini diberangkatkan ke Kabupaten Sampang, Madura Senin (8/4/2013) sore. Mereka bertugas membantu masyarakat dalam penanganan banjir yang menggenang sejak kemarin malam.

Direktur Sabhara Polda Jatim, Kombes Pol M Elia Wasono Mastoko mengatakan, tim yang terdiri dari 30 personel itu memiliki kemampuan SAR darat dan laut untuk membantu evakuasi orang maupun barang dari banjir yang disebabkan meluapnya sungai Kemuning di Kabupaten Sampang.

''Mereka fokus pada kegiatan evakuasi dan menolong masyarakat,'' jelasnya kepada wartawan.

Menurutnya, selain sudah memiliki keahlian khusus, tim SAR dilengkapi dengan sejumlah peralatan pendukung seperti perahu karet dengan mesin 40 dan 25 PK, alat selam, perlengkapan medis, dan pelampung.

''Mereka akan bertugas sepekan atau sampai keadaan atau situasi kembali kondusif,'' katanya.

Banjir di Sampang yang terjadi sejak kemarin malam selain menggenangi pemukiman penduduk, juga menggenangi fasilitas umum dan gedung perkantoran di jantung Kota Sampang.

Sejumlah kantor tempat pelayanan umum hingga siang tadi masih dikabarkan tergenang antara lain, Kantor Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Kantor Badan Kesatuan Bangsa, Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kantor Ketahanan Pangan, Kantor Dinas Kesehatan, Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Rumah Sakit Daerah Kabupaten Sampang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com