Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Tembak Polisi, Pelaku Koordinasi via SMS

Kompas.com - 03/04/2013, 11:57 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Setelah melakukan rekonstruksi di Grogol, Solo, Rabu (3/4/2013) tim Densus 88 melanjutkan rekonstruksi di Pos Pengamanan Lebaran, di Perempatan Gemblegan. Tersangka Bayu Setyono dan Farhan, terlihat memperagakan beberapa adegan saat penyerangan pos polisi terjadi. Farhan yang telah tewas, diperankan oleh salah satu anggota kepolisian.

Terlihat, Bayu dan Farhan sempat melakukan koordinasi dengan Firman yang sudah mengintai situasi Pos Polisi Gembelgan. Melalui pesan singkat selular (SMS), Firman menginformasikan situasi terakhir di sekitar pos pam tersebut. Setelah dirasa aman, aksi penembakan pun dilakukan oleh tersangka Bayu yang berperan sebagai joki dan Farhan sebagai eksekutor.

Setelah itu, kedua tersangka berjalan dari arah barat di Jalan Veteran kemudian berbelok ke utara melintas di depan Pos Pam. Saat itu di dalam Pos Pam ada Bripka Endro Budiyanto dan Briptu Kukuh Budiyanto. Bripka Endro Budiyanto mengalami luka pada perut dan Briptu Kukuh hanya mengalami luka ringan.

Usai melakukan aksinya, kedua pelaku lantas melarikan diri ke arah utara. Berdasarkan pengamatan di lokasi rekonstruksi, petugas kepolisian yang dibantu aparat TNI, melakukan penjagaan ketat. Hingga saat ini, belum ada konfimasi dari pihak terkait tentang proses rekonstruksi kali ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com