Rabu, 3 September 2014

News / Regional

Jembatan Tayan Jembatan Terpanjang di Kalimantan

Selasa, 2 April 2013 | 07:53 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com - Jembatan Tayan yang sedang dalam proses pembangunan melintasi Sungai Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat akan menjadi jembatan terpanjang di Pulau Kalimantan. Panjang bentangan jembatan mencapai 1.420 meter.

Jembatan itu akan meningkatkan mobilitas warga Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah karena menghubungkan jalan trans-Kalimantan poros selatan.

Gubernur Kalbar Cornelis menuturkan, pembangunan jembatan itu diperkirakan memerlukan waktu dua tahun. "Prioritas utama tentu memudahkan mobilitas warga. Angkutan barang juga akan semakin cepat setelah jembatan itu bisa digunakan," ujar Cornelis, Selasa (2/4/2013).

Jembatan dan akses jalan penghubung itu dibangun dengan biaya sekitar Rp 900 miliar, sebagian besar di antaranya dibiayai dari pinjaman China. Diperkirakan, pembangunan jembatan itu selesai pada akhir 2014.

Cornelis menambahkan, peningkatan mobilitas warga diperlukan untuk meningkatkan perekonomian. Sebelum jembatan itu ada, warga harus menggunakan feri penyeberangan.


Penulis: Agustinus Handoko
Editor : Robert Adhi Ksp