Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penderita AIDS di Banjar Meningkat

Kompas.com - 21/03/2013, 02:55 WIB

MARTAPURA, KOMPAS.com — Jumlah penderita penyakit AIDS di wilayah Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dalam dua tahun terakhir ini meningkat.

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi, yang digelar Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Banjar bersama instansi terkait di Aula STAI Darussalam, Martapura, Rabu.

Sekretaris KPAD Kabupaten Banjar Hamdi menyebutkan, terjadi peningkatan penderita AIDS cukup signifikan di wilayah tersebut yang asalnya satu orang saja di tahun 2011. "Penderita AIDS menjadi delapan orang di tahun 2012," kata Hamdi, Rabu (20/3/2013).

Rakor yang dibuka Wakil Bupati Banjar H Ahmad Fauzan Saleh ini bertujuan lebih mempererat kerja sama para pemangku kepentingan dalam mensosialisasikan kesadaran masyarakat terhadap penanggulangan penyakit AIDS.

Fauzan Saleh menyatakan kondisi ini merupakan fenomena gunung es. Sebab bila sosialisasi digencarkan,  akan semakin banyak kondisi penderita AIDS yang akan diketahui. "Jangan pesimis," tambahnya.

Itu artinya kesadaran masyarakat terhadap penanggulangan AIDS semakin bertambah. Dengan begitu, diharapkan stigma yang selama ini tertanam dibenak masyarakat yaitu pengucilan penderita HIV/AIDS akan semakin berkurang.

Wakil Bupati Fauzan Saleh sangat berterima kasih terhadap kegiatan KPAD Banjar yang paling aktif mengadakan kegiatan seputar penanggulangan AIDS di Kalsel.

Kegiatannya melibatkan sekolah, perusahaan tambang dan perkebunan, instansi pemerintah, bahkan pemilik warung "remang-remang" pun diajak dialog terkait penanggulangan AIDS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com