Selasa, 25 November 2014

News / Regional

Peserta Ekspedisi NKRI 2013 Jajal Gunung Awu

Minggu, 17 Maret 2013 | 17:31 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Peserta Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi Subkorwil Sangihe menjajal Gunung Awu di Pulau Sangihe, Minggu (17/3/2013). Bagian Penerangan Ekspedisi NKRI Sub Korwil Sangihe, Mayor Inf. Daoroji mengatakan, kegiatan menjajal Gunung Awu ini melibatkan seluruh personil TNI, Polri dan Mahasiswa yang menjadi peserta Ekspedisi.

"Ini merupakan orientasi mengenal karakter wilayah Sangihe yang menjadi salah satu tempat pelaksanaan ekspedisi. Sekaligus juga untuk mengenalkan kepada warga sekitar mengenai tujuan ekspedisi," ujar Daoroji.

Wakil Komandan Sub Korwil Sangihe Mayor Inf Partono turun langsung memimpin kegiatan mendaki Gunung Awu tersebut. Ekspedisi NKRI 2013 merupakan sebuah satuan tugas yang merupakan gabungan berbagai unsur TNI, Polri, Mahasiswa dan Akademnisi yang akan menelusuri Pulau Sulawesi. Selama empat bulan ke depan, para peserta Ekspedisi akan melakukan survei keanekarahaman hayati, flora dan fauna, serta berbagai survei terkait kewilayahan. Para peserta ekspedisi juga akan melakukan berbagai kegiatan sosial budaya dan kemasyarakatan.

 

Gunung Awu adalah satu gunung bertipe stratovolcano yang berlokasi di bagian utara Pulau Sangihe Besar, Kepulauan Sangihe. Ketinggian Gunung Awu mencapai 1320 m dari permukaan laut namun jika dihitung dari dasar laut tingginya bisa mencapai 3300 meter. Dari catatan yang ada letusan Gunung Awu telah merenggut total sekitar 8000 nyawa dan ribuan orang harus mengalami cidera, kerusakan pemukiman, dan pengungsian besar-besaran. Letusan terbesar terjadi pada tahun 1711, 1856 serta 1966. Gunung Awu terakhir meletus pada 2004.


Penulis: Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol
Editor : Hindra